EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 INUMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25441Keywords:
Menulis, Teks Cerita Fantasi, Metode Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Inuman. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VII SMP Negeri 1 Inuman dengan sampel sebanyak 40 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pretes (tes awal) dan posttest (tes akhir). Intrumen yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas kolmogrorov-smirnov, uji homogenitas dan uji t satu sampel . hasil kedua pengujian sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti memberikan perlakukuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa sebelum menggunakan metode dicovery learning diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 67,30 dan setelah menggunakan metode dicovery learning diperoleh nilai rata-rata postets sebesar 84,60. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung -5,31 < t tabel 1,72 pada kelas eksperimen. Dan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery learning efektif terhadap kemampuan menulis cerita fantasi.References
Tarigan (2016) Penerapan Model Student Team Achievement Division (Stad) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Kelas Viii Smp Negeri 25 Makassar.100
Avianto (2013) Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas Viii Mts Khazanah Kebajikan Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019 (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah)
Zulela (2012) Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smpn 6 Kota Bengkulu. 259 Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Korpus/Article/View/8386
Huck (2016) Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Strategi (Picture And Picture) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Vii Pada Materi Teks Prosedur. Sarasvati, 4(2), 6-7. Https://Lib.Unnes.Ac.Id/30120/1/2101412151.Pdf
Santi, N. I., & Taqwiem, A. (2022). Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Peserta Didik Kelas Vii-D Smp Negeri 15 Banjarmasin. Jurnal Locana, 5(1), 50-64 Https://Locana.Id/Index.Php/Jtam/Article/View/81
Cahyo (2013) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V Sdn Karet 2 Kabupaten Tangerang, 3, Https://Journal.Politeknik-Pratama.Ac.Id/Index.Php/Bersatu/Article/View/266
Rahman & Maarif Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Padang, 199 Https://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Pbs/Article/View/9562
Syah (2013) Kebudayaan, K. P. D. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Https://Www.Academia.Edu/Download/51452270/Model_Pembelajaran_Penemuan.Pdf
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81. Https://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Justek/Article/View/408
Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta
Razak (2015) Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Smp. Geram, 11(2), 124-133 Https://Journal.Uir.Ac.Id/Index.Php/Geram/Article/View/15381/5986
Arikunto (2006) Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Kebutuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 5-6. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jip/Article/Viewfile/23037/21105
Sugiono (2017) Metodologi Penelitian , 42 43 Https://Digilib.Sttkd.Ac.Id/1734/5/Bab%20iii%20skripsi%20-%20berliana%20istiqomah%20ervandi_4.Pdf
Triyani, N., Romdon, S., & Ismayani, M. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(5), 713-720. Http://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php/Jp/Penerapan Metodedis Covery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot
Handayani, R., Gumono, G., & Arifin, M. (2020). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Pembangun Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smpn 6 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(2), 257-267. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Korpus/Article/View/8386
Santi, N. I., & Taqwiem, A. (2022). Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Peserta Didik Kelas Vii-D Smp Negeri 15 Banjarmasin. Jurnal Locana, 5(1), 50-64. Https://Locana.Id/Index.Php/Jtam/Article/View/81
Kebudayaan, K. P. D. (2013). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) Https:///Model_Pembelajaran_Penemuan-Libre.Pdf
Subagio Budi Prajitno. (2013). “Metodologi Penelitian Kuantitatif,” Jurnal. Bandung: Uin Sunan Gunung Djati, Http://Komunikasi. Uinsgd. Ac.Id, Diakses 02 Desember 2020.
Yahya, Y., Yulistio, D., & Arifin, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 2(3), 350-355. Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Korpus/Article/View/6791
Khaerunnisa, K., Faznur, L. S., Lutfi, L., & Davi, A. (2020, October). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj (Vol. 2020).Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit/Article/View/8811
Cahyaningrum, F. D., & Setyaningsih, N. H. (2019). Pengembangan Modul Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Konservasi Bagi Peserta Didik Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1),56-63. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jpbsi/Article/View/28780
Nurnaningsih, W. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berkolaborasi Google Classroom Dan Whatsapp Group Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159-168. Https://E Journal.Undikma.Ac.Id/Index.Php/Pedagogy/Article/View/3540
Himawan, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat Di Smp. Prosiding Samasta. Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Samasta/Article/View/7227
Effendi, M. S., & Saputra, E. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas Vii Smp Negeri B Srikaton. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 306-316. Https://Www.Ojs.Stkippgrilubuklinggau.Ac.Id/Index.Php/Sibisa/Article/View/1440
Yenti, N., Ramadhanti, D., & Laila, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1), 93-102.Http://Pembahas.Dialeks.Id/Index.Php/Jp/Article/View/16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggi Gusnita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.