PENERAPAN MEDIA PAPAN MUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN KPK DAN FPB KELAS V SD MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25284Keywords:
Papan multifungsi, Media, KPK, FPB, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengingkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media papan musi dalam menentukann KPK dan FPB. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 18 Surabaya pada siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan analisa data berdasarkan pada observasi, dokumentasi dan tes. Hasil dari penelitian ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari setiap siklus-siklusnya. Data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada tahap pra siklus diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 25,93% dengan jumlah siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKTP sebanyak 20 siswa. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70,37% dengan jumlah siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKTP sebanyak 8 siswa. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa semakin meningkat sebesar 88,89% dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan hasil belajar ini, menunjukkan bahwa penerapan media papan musi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan KPK dan FPB pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 18 Surabaya.References
Aditya, F. A., Afiani, K. D. A., & Faradita, M. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Picture and Picture Pada Materi Pecahan Kelas Ii Sd Muhammadiyah 9 Surabaya Masa Pandemi Covid-19. Autentik?: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 123–137. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.185
Afiani, K.D.A., & Faradita, M. N. (2021). nalisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Urnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 16–27. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd
Arif, A. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 126.
Asmara, R. (2021). PENGARUH MODEL DIRECT INTRUCTION BERBANTUAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sukowuwuh , Purworejo ) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
Fitriah, E. N., Febriani, W. D., & Pratama, F. F. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi KPK dan FPB Menggunakan Alat Peraga Papan Multifungsi. 7, 16904–16911.
Nurhasanah, A., Guru, P., Dasar, S., & Artikel, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) pada. 7(1), 61. http://journal.ummat.ac.id/index.php/telaah
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementation of Independent Curriculum in Driving School. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahmayanti, N., Yonanda, D. A., & Kurino, Y. D. (2021). Penggunaan Media Papan Musi ( Multifungsi ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(1), 118–122.
Rohaini, S. (2018). Meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Rangkep pada Tahun Pelajaran 2017/2018 menggunakan metode Inkuiri. Jurnal Elementary, 1(2), 43. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i2.549
Siregar, L. F., & Hasanah, H. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Papan Musi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi KPK Dan FPB di Kelas V SD Negeri 064986 Medan Amplas. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa, 7(2), 191–198. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v7i2.1909
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Renika Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Er Ayu Nurafifah, Kunti Dian Ayu Afiani, Meirza Nanda Faradita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




