ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) MELALUI INTEGRASI KONTEKS ISLAM PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Authors

  • Farah Fadhilah Universitas Negeri Jakarta
  • Yuli Rahmawati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25150

Keywords:

Brain Based Learning, Critical Thinking Skills, Atomic, Integration of Islamic Context.

Abstract

Pemahaman teori sains yang lebih tinggi dibutuhkan dalam mempelajari konsep-konsep dasar kimia, namun pada penerapannya materi kimia cenderung sulit dipahami sehingga peserta didik membutuhkan kemampuan berpikir kritis. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan yaitu Brain Based Learning yang terdiri tahap persiapan, akuisisi, elaborasi, pembentukan memori dan integrasi fungsional. Selain penerapan Brain Based Learning, internalisasi ayat-ayat Al-Quran dalam pembelajaran kimia juga berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi struktur atom yang terintegrasi nilai Islam. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2022-2023 terhadap 35 peserta didik kelas X IPA 2 MAN 20 Jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian didapatkan melalui observasi, jurnal reflektif, tes analisa kemampuan berpikir kritis, LKPD, dan wawancara. Dari hasil penelitian didapatkan persentase hasil kemampuan berpikir kritis pada level 4 (sangat baik) 31% pada indikator menghubungkan gagasan. Peserta didik dapat mengembangkan kemampuan menghargai pendapat orang lain, meningkatkan kepercayaan diri, memberikan asumsi serta mengkaitkan ayat-ayat Al-quran dengan materi struktur atom dan konfigurasi elektron. Maka pendekatan Brain Based Learning dapat membantu menumbuhkan dan memaksimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Az-Zuhaili, Wahbah. (1997) Tafsir Al-Munir: Akidah, Syariah & Manhaj. Beirut: Dar al-Fikr.

Bayer, B. (1995). Critical Thinking. Blooming: Phi Delta Kappa Education Foundation

Brady. (1999). Kimia Universitas. Asas dan Struktur. Jakarta: Binarupa Aksara

Chang, Raymond. (2005). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti. Jilid 1 edisi 3. Jakarta: Erlangga

Cottrel, Stella. (2017). Critical Thinking Skill, 3thed. Palgrave. London

Drew, Cris. (2023, July 14). Meaningful Learning: Definision, Benefits, Examples. Retrieved July 26, 2023, from Helfpul Professor.com: https://helpfulprofessor.com/meaningful-learning/

Facione, P.A. (1990). Critical thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findingand Recommendation. Millbrae: The California Academic Press

Fitrianingsih, Shabrina Nur (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ikatan Kimia Pendekatan Brain Based Learning. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Hadiatiningsih, R. A., Wiyanarti, E., & Kurniawati, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah melalui Strategi PQRST. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(2), 95–104. https://doi.org/10.17509/factum.v9i2.24320

Harris, B. (2019). Super Easy Memory Strategies. Retrieved Juni 5, 2023, from Jensen Learning Coorpation: http://www.brainbasedlearning.net/super-easy-memory-strategeis/#

Hamka. (1983). Tafsir Al-Azhar, juz III-XIV, Cet.2, Jakarta: Panji Mas

Hamzah, M. I., Zhaffar, N. M., & Razak, K. A. (2018). Barriers in Teaching Critical Thinking in Islamic Education. Creative Education, 09(14), 2350–2356. https://doi.org/10.4236/ce.2018.914175.

Hosseinjanzadeh, F., Bagheri, A., & Mehr, M. S (2015). The Consideration of Physics and Chemistry Science in Holy Quran. J. Appl. Environ. Biol. Sci, 4(12S), 260-265. www.textroad.com

Jensen, E. (2011). Pemelajaran berbasis-otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks Pertama Putri Media.

Maje, Fitriani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terinternalisasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadapkarakter Islami Dan Pemahaman Konsep Kimia Peserta Didik Kelas Xi Mia Man 2 Baru (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi). Tesis. Makasar: Universitas Negeri Makasar

Marlina, D., & Sari, F. (2021). Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional, 7(2), 267-273

Murzella, S. (2020). Pengambilan Keputusan Keperawatan Dengan Berpikir Kritis. Sematic Scholar. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:243011801

Naik, Zakir. Gary Miller. (2008). Keajaiban Al-Quran Dalam Telaah Sains Modern. Yogyakarta: Media Ilmu

Oktaviana, S. E., & Rohendi, E. (2017). Model Brain Based Learning (BBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Daur Air. Antologi UPI, 5(1), 99–110.

Petrucci, Ralph H., Suminar. (1996). Kimia Dasar: Prinsip dan Terapan Modern, Jilid 1 (4). Jakarta: Erlangga.

Prihandoko, A., Anggraito, Y.U., & Alimah, S. (2021). Journal of Innovative nature of science Education The Dvolepment of Alquran and Hadith Integrated Science Module to Omprove Student’s Religious Character. 10(2), 152-157.

Rofdli, M. F. (2020). Tafsir Ayat-Ayat Neurosains. Urnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 5(1).

Sadiqin, I. K., Istyadji, M., & Winarti, A. (2017). Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 27-35.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills). Tanggerang: Tira Smart

Silalahi, Shafarani. (2021). Analisis Perspektif NOS (Natural of Science) Siswa Dalam Pembelajaran Kimi Melalui Integrasi Konteks Islam Dengan Materi Asam Basa. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Turkish Science Education, 4(2). http://www.tused.org

Siskandani, R., Novaliyosi, N., & Rafianti, I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa pada Soal Kemampuan Berpikir Kritis Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas 8 SMP. Sematic Scholar. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:225878950

Sunarya, Yayan. (2010). Kimia Dasar 1 Berdasarkan Prinsip-prinsip Kimia Terkini. Jakarta: Erlangga

Usman, N. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Al-Quran Pada Materi Koloid Di Sman 12 Banda Aceh. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134

Wulandari, Dita Ayu. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Sistem Ekskreasi di MAN 13 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Yulvinamaesari. (2015). Implementasi Brain Based Learning Dalam Pembelajaran. Pelaksanaan In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 01, Issue 1).

Downloads

Published

2024-01-26

How to Cite

Fadhilah, F. ., & Rahmawati, Y. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) MELALUI INTEGRASI KONTEKS ISLAM PADA MATERI STRUKTUR ATOM . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1333–1344. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25150

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.