PENERAPAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN MENENGAH DAN PERGURUAN TINGGI: TANTANGAN DAN PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24936Keywords:
Perguruan Tinggi; Bimbingan dan Konseling; Mahasiswa; Pelayanan KonselingAbstract
Pendidikan tinggi menuntut adanya upaya terpadu untuk mendukung perkembangan mahasiswa dalam aspek akademis, pribadi, dan karir. Program Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi menjadi instrumen kritis dalam mencapai tujuan ini. Abstraksi ini menggambarkan sebuah rangkaian kegiatan terorganisasi dan terkoordinasi yang ditujukan untuk memberikan pelayanan konseling selama periode waktu tertentu. Program ini menetapkan tujuan yang jelas, mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa, menyusun rencana kegiatan, memberikan informasi dan penyuluhan, melibatkan konselor, serta melakukan evaluasi dan pembaruan secara berkala. Penyelenggaraan program ini menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan stigma terkait penggunaan layanan konseling. Namun, program juga membuka peluang, terutama melalui integrasi teknologi untuk meningkatkan aksesibilitas dan kolaborasi antarstakeholder. Dengan pendekatan holistik dan responsif terhadap perubahan kebutuhan mahasiswa, program Bimbingan dan Konseling di perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung pertumbuhan mahasiswa di semua aspek kehidupan mereka.References
Cahyono, T. (2021). Problematika Penerapan Layanan Konseling di Sekolah Menengah Pertama Kota Tarakan. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(2), 165–172.
Dalimunte, Y. P., & Hasibuan, A. D. (2023). Mengubah Stigma Negatif Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Layanan Informasi Di Mts N 1 Labuhanbatu. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 17(1), 42–51.
Fajar, F. (2023). Pengembangan Media Daily Journal Konseling Naratif untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa di UPT SMA Negeri 13 Bone.
Gunawan, G., Sugiharto, D. Y. P., Sugiyo, S., & Sunawan, S. (2023). Hambatan Perilaku Mencari Bantuan Konseling Konselor Pada Siswa Etnis Arab. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 332–336.
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 73–80.
Jumadi Mori Salam Tuasikal. (2020, October 10). PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DI PERGURUAN TINGGI DAN IMPLIKASI PENGEMBANGANNYA. Https://Dosen.Ung.Ac.Id/JumadiTuasikal/Home/2020/10/10/Program-Bimbingan-Dan-Konseling-Di-Perguruan-Tinggi-Dan-Implikasi-Pengembangannya.Html.
Kusumawati, E. (2020). PELUANG DAN TANTANGAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA DISRUPSI. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 1, 64–71. https://doi.org/10.36728/cijgc.v1i02.1184
Lutfiyah, N. H., & Fahyuni, E. F. F. F. (2023). Peran Konselor Bimbingan Konseling Dalam Pengenalan Gaya Belajar Siswa di Era New Normal. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 68–76.
Ramli, M., Hidayah, N., Flurentin, E., Zen, E. F., Lasan, B. B., & Hambali, I. (2017). Esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur, jenis, dan jenjang pendidikan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.
Sari, A. N., Lubis, M. A. A., & Lesmana, G. (2024). Urgensitas Pelayanan Konseling: Sebuah Studi Literatur. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(1), 1199–1203.
Sari, N. (2016). Pola pelaksanaan bimbingan dan konseling untuk mengoptimalkan kemampuan anak autis di sekolah dasar. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(2), 31–35.
Sari, R., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D., Rato, K., Apriani, E., Yurni, Y., Wibowo, T., Mardhiyana, D., Purba, O., Mu’min, A., S, M., Togatorop, M., & Pustaka, S. (2023). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN.
Setyoningsih, Y. D. (2018). Tantangan Konselor di era milenial dalam mencegah degradasi moral remaja. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 134–145.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deasy Dwi Cahyaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




