PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MASJID AL-MUTTAQIN SEBAGAI PUSAT ILMU PENGETAHUAN DAN KEAGAMAAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24831Keywords:
Pengelolaan, Perpustakaan, Masjid Al-MuttaqinAbstract
Jurnal ini mengekplorasi peran yang dilakukan oleh perpustakaan dalam lingkungan masjid sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan keagamaan serta pengelolaan perpustakaan masjid. Penelitian ini dilakukan di Masjid Al-Muttaqin Jalan Todak gang Al-Muttaqin Tangkerang Barat Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini dilakukan dengan menganalisis implementasi perpustakaan di beberapa masjid yang mencakup koleksi literatur, keagamaan, ilmiah dan budaya serta pengelolaan perpustakaan masjid Al-Muttaqin yang dilakukan oleh pengurus masjid meliputi proses inventarisasi, pembuatan database, pemberian stempel, pemasangan kelengkapan pustaka pada buku dan penyerahan dan penyusunan buku perpustakaan. Temuan menunjukkan bahwa perpustakaan masjid berperan penting dalam memfasilitasi akses umat kepada sumber-sumber pengetahuan yang relevan dengan Islam dan keilmuan umum. Selain itu, perpustakaan masjid juga menjadi tempat diskusi dan interaksi intelektual, mendorong pertumbuhan komunitas yang berfokus pada pembelajaran dan refleksi spiritual. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana perpustakaan di lingkungan masjid dapat menjadi pilar utama dalam mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan keagamaan dalam masyarakat.References
Apiah, Putri, N. A. L. A., S, R., Andini, R. Y., & Mulia, S. (2023). Masjid Sebagai Pusat Peradaban dan kebudayaan Islam. Religion?: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2), 504–514. https://maryamsejahtera.com/index.php/Religion/article/view/108
Arifin, M. (2023). Manajemen dan gaya kepemimpinan dalam mengembangkan pondok pesantren. 8(2), 832–838.
Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.
Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.
Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373
Chasannudin, A., Aqiliya, K. A., Afroh, A., & Syifa, A. M. (2023). Pendampingan Penggunaan Slims ( Senayan Library Management System ) Dalam Upaya Revitalisasi Perpustakaan Sekolah Dasar Assistance in the Use of Slims ( Senayan Library Management System ) in Efforts to Revitalize Elementary School Libraries PENDAHULUAN P. 1(4).
Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.
Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.
Fathurohman, O. (2019). Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Eduprof?: Islamic Education Journal, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.3
Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341
Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.
Handayani, F. (2020). (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/
Irfani, M. (2023). Efektivitas Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan. ???????????????????????????????????????, 2(4).
Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129
Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.
Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183
Khairuddin, K., & Assingkily, M. S. (2021). URGENSITAS MENDIRIKAN MADRASAH DI SAMPING MASJID (Studi Sejarah Pendidikan Islam Masa Pembaruan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 413. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1338
Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.
Khoiri, M. (2020). Masjid Al-Ikhlas sebagai Pusat Budaya Keagamaan Islam Masyarakat Tempel, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 3(2), 195. https://doi.org/10.30829/juspi.v3i2.6390
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.
Mansyuri, A. H., Patrisia, B. A., Karimah, B., Sari, D. V. F., & Huda, W. N. (2023). Optimalisasi Peran Pesantren dalam Lembaga Pendidikan Islam di Era Modern. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376
Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.
Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.
Mirdad, J., Nofrianti, M., Zahara, M., & Putra, Y. A. (2023). Eksistensi Masjid dan Sejarah Umat Islam. Proceeding Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah IAIN Kerinci., 1(1), 249–258.
Moh. Firdaus Mochammad; Haq, A. & M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 114–119. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7746
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Mustika Sari, R., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2(Maret 2020), 245–252. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/409
Nurhaibi, Zalisman, H. H. (2023). Mitra PGMI?: UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDIT IMAM ASY-SYAFII PEKANBARU. 9, 71–79.
Okrisal, O., & Putra, E. (2023). Oleh?: Dr . Okrisal Eka Putra Lc , M . Ag FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Manajemen Masjid dalam Mencitaptakan Masyarkat.
Pangestu, R. A., & Inayati, N. L. (2023). Studi Historis Sejarah Berdiri Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 6 Karanganyar dan Dampaknya terhadap Sosial Pendidikan Agama Islam. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2). https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.517
Pellu, A. P. A. (2023). Pemberdayaan Ekonomi di Masjid Jogokarian Yogyakarta: Pengelolaan Dana Masjid Jogokariyan Yogyakarta. JUKOM-Jurnal Pendidikan Ekonomi, I, 81–91. https://ejurnal.stkipseramraya.ac.id/index.php/jukom/article/view/1%0Ahttps://ejurnal.stkipseramraya.ac.id/index.php/jukom/article/download/1/1
Putri, I. H. (2020). Strategi Promosi Perpustakaan Melalui Program Duta Perpustakaan. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 9(4), 10. https://dispusip.pekanbaru.go.id/strategi-promosi-perpustakaan/
Rasyid, A., Tsahbana, M., & Nurrahman, M. Y. (2023). Fungsi Masjid Sebagai Tempat Ibadah Dan Pusat Ekonomi Umat Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4), 374–383.
Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1), 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396
Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.
Rosadi, B. F. (2014). Masjid Sebagai Pusat Kebudayaan Islam. Jurnal An Nur, 6(1), 127–148.
Rosyidi, R., & Hasanah, U. (2023). Penguatan Peran Masjid Sebagai Pusat Belajar Bagi Anak. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 7(1), 9–18. http://www.unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/2491
Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.
Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.
Syahruramadhan, S., Saleh, N. J., & M, M. D. (2020). Pengaruh Kompetensi Pustakawan Terhadap Kualitas Layanan di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(2), 381. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i2.6604
Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300
Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, D. (2022). Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, VIII, 50–59.
Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.
Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.
Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.
Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).
Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).
Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820
Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168
Yahya, S. (2023). Telaah Kebijakan Undang-Undang Pesantren Melalui Pendekatan Multidisipliner. 06(01), 8205–8212.
Yuliono, E. A. (2023). Perancangan Komplek Masjid Al Furqan Di Banjarmasin. 12, 141–154.
Yusuf, M., Nur Effendi, M., & Fitriani, F. (2023). Urgensi Perpustakaan Masjid Dalam Mencerdaskan Umat Islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Kedakwahan, 16(31), 9–18. https://doi.org/10.58900/jiipk.v16i31.31
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aulia Tri Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.