HAKIKAT DAN FUNGSI MASJID SEBAGAI FASILITAS IBADAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK

Authors

  • Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Nurul Aini Universitas Muhammadiyah Riau
  • Suci Amalia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Zahzia Kurina Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24826

Keywords:

Hakikat, Fungsi Masjid.

Abstract

Masjid sebagai institusi dakwah memiliki potensi dan fungsi yang sangat penting untuk senantiasa menebarkan dan mempertahankan kebaikan, kedamaian, dan kebenaran dalam kehidupan umat manusia secara keseluruhan (Uyuni, B., & Muhibudin, M, 2020). Masjid yang dulu dipergunakan Nabi sebagai pusat perjuangan umat, kini banyak yang difungsikan sekadar sebagai tempat ibadah ritual mahdoh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi fungsi masjid sebagai fasilitas ibadah dalam pembinaan akhlak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa perkataan tertulis atau lisan tentang orang-orang dan tingkah laku yang dapat diamati. Jika dikaitkan dengan amal ibadah di dunia, masjid bukan hanya sekadar tempat sujud dan sarana penyucian. Di sini kata masjid juga tidak lagi hanya berarti bangunan tempat shalat, atau bahkan bertayamum sebagai cara bersuci pengganti wudhu tetapi kata masjid disini berarti juga tempat melaksanakan segala aktivitas manusia yang mencerminkan kepatuhan kepada Allah Swt. Fungsi utama Masjid adalah tempat sujud kepada Allah SWT, tempat sholat dan tempat beribadat kepadanya. Lima kali sehari semalam umat Islam dianjurkan mengunjungi Masjid guna melaksanakan shalat jamaah. Masjid juga tempat yang paling banyak di kumandangkan nama Allah melalui, azan, iqomat, tasbih, tahmid, tahlil, istighfar dan ucapan lain yang di anjurkan di baca di Masjid sebagai bagian dari lafadz yang berkaitan dengan pengagungan asma Allah.

References

Amin, Mohamad, Nanda Hilda Khikmawati, Suryadi, Ihya Fakhrurizal Amin, Kodama Yayoi, Atmanto Heru Wibowo, Dina Maulina, and Indriyani Rachman. 2020. “Chemical Interaction Analysis of L-Theanine Compounds from Camellia Sinensis L. with Kainate Glutamate Receptors and Their Toxicity Effect as Anti Autism Candidates Based on in Silico.” AIP Conference Proceedings 2237 (June). https://doi.org/10.1063/5.0008500.

Ariana, Riska. 2016. “Efektivitas Manajemen Masjid Yang Kondusif Terhadap Peningkatan Kemakmuran Masjid” 2 (2): 1–23.

Azahra, Amertya, and Fauza Masyhudi. 2023. “Pendidikan Islam Klasik Rasulullah Sebagai Pendidik Ideal.”

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8: 100–110.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1 (2): 16.

Ernaliana, Ernaliana, and Muhamad Ahyar Rasidi. 2021. “Standar Kualitas Pendidikan Dasar Di Nigeria: Studi Kepustakaan.” El Midad 13 (1): 41–49. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i1.3456.

Hamid, Abdul Rosyid Teguhdin. 2022. “Studi Kasus Model Pendidikan Masjid Integratif Di Masjid Istiqlal.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 11 (4): 471. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v11i4.7992.

Isnaini, Muhammad, Isran Bidin, Bambang Wahyu Susanto, and Ilham Hudi. 2023. “Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila Dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT” 05 (04): 11539–46.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04 (04): 1448–60. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129.

Mansyuri, Aulya Hamidah, Beta Ardana Patrisia, Binti Karimah, Defi Vita Fitria Sari, and Wahyu Nur Huda. 2023. “Optimalisasi Peran Pesantren Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 101–12. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376.

Maulidin, Ekky, and Hasrul Nurliansyah. 2023. “Kajian Semiotik Pada Kritik Arsitektur: Masjid Al-Irsyad Di Kota Padalarang Jawa Barat.” Jurnal TekstuReka 1 (1): 25. https://doi.org/10.32502/tekstureka.v0i0.6449.

Meifrasinta, Nadya Amalia, Herlinda Balkis, Fitri Renaldi Putri Renaldi Putri, and Alimni. 2023. “Peradaban Islam Pada Masa Nabi Muhammad Saw Islamic Civilization During the Time of Prophet Muhammad Saw.” JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 4 (2): 148–58. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/838.

Mujahidin, Irfan. 2021. “Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pengembangan Dakwah.” Syiar | Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1 (1): 31–44. https://doi.org/10.54150/syiar.v1i1.33.

Murti, Siti, and Heryanto Heryanto. 2022. “Program Shalat Subuh Berjamaah Dan Kesadaran Beragama.” Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies 2 (1): 1–12. https://doi.org/10.53754/iscs.v2i1.178.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05 (03): 10192–204.

Mutaqin, Enjen Zaenal, and Fatma Putri. 2022. “Masjid Jami At-Taqwa Sebagai Cagar Budaya Di Desa Gumelem Kecamatan Susukan Kabupaten Banjaranegara.” Jurnal Penelitian Agama 23 (1): 95–107. https://doi.org/10.24090/jpa.v23i1.2022.pp95-107.

Nopiansyah, Maolana. 2022. “Hakikat Manusia Dalam Perspektif Islam.” ???? 7 (8.5.2017): 2003–5.

Raya, Khadijah Kubu. 2023. “Model Pendidikan Da ’ I Berbasis” 6 (2): 8–10.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru” 4 (1): 1082–88.

Sri Indriyani, NerianiDzakirah Nur AssyifaMaya Wulan sari, Wismanto. 2023. “Korelasi Kedudukan Dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum Dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik” 1 (2): 123–35.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12: 327–37.

Sutrisno, Bambang. 2023. “Meningkatkan Kemakmuran Masjid Melalui” 5 (1): 178–202.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6 (1): 13. https://doi.org/10.29210/146300.

Uyuni, Badrah, and Muhibuddin. 2020. “Community Development The Medina Community as the Ideal Prototype Of Community Development Dakwah Pengembangan Masyarakat Masyarakat Madinah Sebagai Prototipe Ideal Pengembangan Masyarakat.” Spektra 2 (1): 10–31. https://doi.org/10.34005/spektra.v2i1.1536.

Wibowo, Hari Santoso, Jalan Teluk, Buli Surabaya, Fungsi Manajemen, Masjid Nurul Islam, Mulyorejo Surabaya, Management Function, Nurul Islam, Mulyorejo Mosque Surabaya, and Jurnal Ilmiah Stidki Ar-. 2021. “Informasi Artikel” 4: 47–53.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, Afdal. 2023. “Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru” 4 (4): 1625–33.

Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, Deprizon. 2022. “Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI VIII: 50–59.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di Sdit Al Hasan Tapung - Kampar” 12 (1): 196–209.

Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan” 12: 338–50.

Wismanto Abu Hasan. 2018. Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar Memahami Tauhid Dan Syirik. 1st ed. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Wismanto, Wismanto, Nova Yanti, Yapidus Yapidus, Hamdi Pranata, and Deprizon Deprizon. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9 (1): 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820.

Zaidi Ahmad, Azhar Abdul Wahid, and Abdul Halim Ali. 2020. “Kerasulan Insan Kamil Membentuk Modal Insan Dalam Novel Imam.” Rumpun Jurnal Persuratan Melayu 8 (2): 16–27.

Zidny, Umaierah. 2023. “Infak Masjid Dan Infak Anak Yatim Di Masjid Taqwa” 3 (1): 55–61.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Jannah, M. ., Aini, N. ., Amalia, S. ., Putri, Z. K. ., & Wismanto, W. (2023). HAKIKAT DAN FUNGSI MASJID SEBAGAI FASILITAS IBADAH DALAM PEMBINAAN AKHLAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1092–1100. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24826