PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24421Keywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL), Kelayakan, ModulAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi permintaan dan penawaran. Pengembangan modul didasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan adanya kesulitan pemahaman materi permintaan dan penawaran khususnya mentransfer analisis kasus ke dalam bentuk kurva keseimbangan pasar dan sebaliknya. Selain itu, sumber belajar yang tersedia menyajikan bahan bacaan, namun kurang dilengkapi dengan studi kasus. Hasil analisis karakteristik materi menunjukkan bahwa materi permintaan dan penawaran merupakan kombinasi pengetahuan konseptual dan prosedural dan berkaitan erat dengan aktivitas ekonomi peserta didik. Oleh karenanya dikembangkan modul berbasis pendekatan kontekstual. Pengembangan modul menggunakan pendekatan ADDIE dan dibatasi pada tahap pengembangan. Kelayakan modul diukur melalui 2 aspek yaitu aspek materi dan kegrafikan. Hasil penilaian kelayakan modul berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi permintaan dan penawaran memperoleh presentase 80% dari validasi oleh ahli materi dan 91% dari validasi oleh ahli kegrafikan. Presentase tersebut menunjukkan bahwa pengembangan modul yang disusun “ layak” untuk dipakai dan dimanfaatkan dalam aktivitas belajar-mengajar.References
Anggraeni, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan Modul Interaktif. Chemistry in Education, 3(2).
Anggraini, A., & Sukardi. (2015). Pengembangan Modul Prakarya dan Kewirausahaan Materi Pengolahan Berbasis Product Oriented Bagi Peserta Didik SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 287–294.
Arisya, F., Haryati, S., & Holiwarni, B. (2021). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(1), 38.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Badan Nasional Standar Pendidikan.
Djaslim, S. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian (3rd ed.). CV Linda Karya.
Fitrayati, D., Prakoso, A. F., & Dewi, R. M. (2016). Student Worksheet Development Based on Contextual and Problem Solving on Microeconomic Theory Introductory Subjects. International Journal of Control Theory and Application, 9(34), 141–157.
Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019). The Application of Contextual Teaching and Learning in Natural Science to Improve Student’s HOTS and Self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 2. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (3rd ed.). Alfabeta.
Najuah, Wirlanti, W., & Lukitoyo, P. S. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Nurhayani, & Salistina, D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Hasyimi (ed.)). CV Gerbang Media Aksara.
Palupi, R. A., & Susanti. (2019). The Development of Tax Administration Module Contextual Based on the Fiscal Reconciliation Material for Vocational School. 2019, 329–347. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4017
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2018). Jdih.Kemdikbud.Go.Id. Pendidikan, Menteri Kebudayaan, D A N Indonesia, Republik, 1–12.
Purnama, S. (2010). Warna Dalam Pengembangan Media Grafis. Jurnal Al-Bidayah. https://lmsspada.kemdikbud.go.id
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Safriadi. (2016). Landasan Filosofis Dan Psikologis Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal MUDARRISUNA, 6(1), 56–57.
Silseth, K., & Erstad, O. (2018). Connecting to the outside: Cultural resources teachers use when contextualizing instruction. Learning, Culture and Social Interaction, 17(22), 56–68. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2017.12.002
Sudarno, Sunarno, W., & Sarwanto. (2015). PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN TEMA PEMBUATAN TAHU KELAS VII SMP NEGERI 2 JATIYOSO. Jurnal Inkuiri, 4(3), 104–111.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning (XIV). PUSTAKA PELAJAR.
Surata, I. K., & Marhaeni, I. G. A. A. N. D. (2019). PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI. Bioedusiana, 4(2), 117.
Utami, I. G. A. L. P. (2016). TEORI KONSTRUKTIVISME DAN TEORI SOSIOKULTURAL: APLIKASI DALAM PENGAJARANBAHASA INGGRIS. PRASI, 11(1), 5.
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Anjar Setya Laras
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.