PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA PENDEK BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA KRISTEN TERANG BANGSA

Authors

  • Michael Johan Sulistiawan Universitas Negeri Semarang
  • Seylla Arifeni Mts Negeri 1 OKU Timur
  • Wahyu Azam Nur Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Pristiwati Universitas Negeri Semarang
  • Mukh Doyin Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24322

Keywords:

Pembelajaran Diferensiasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks Cerita Pendek

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menjelaskan implementasi pembelajaran berdiferensiasi  mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi teks cerita pendek di SMA Kristen Terang Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data penelitian didapatkan melalui kegiatan observasi dan wawancara responden yakni guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Kristen Terang Bangsa dibantu dengan menggunakan instrumen panduan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks cerpen di SMA Kristen Terang Bangsa telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan berdasarkan tiga komponen, yaitu komponen pembedaan isi, proses, dan produk. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan semangat dan motivasi siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.

References

Atik Siti Maryam. 2021. Strategi Penerapan Sedang belajar Membedakan . Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi

Aula Besar Guru Penggerak. 2022. Filsafat Ki Hadjar Dewantara Modul 1.1 Guru Penggerak: BBGP.

Faiz , Aiman dkk. 2020. "Draf Mandiri Belajar Pendidikan Indonesia Di dalam Perspektif Filsafat Progresivisme.” Jurnal Pendidikan Dan Sedang belajar 12(2), 2442 2355.

Faiz , A., Parhan , M., & Ananda, R. 2022. Pendidikan: Jurnal Pengetahuan Pendidikan Paradigma Baru di dalam Kurikulum Prototipe. Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Marlina , M., Efrina , E., & Kusumastuti , G. 2019. “Dibedakan Sedang belajar untuk Siswa dengan Spesial Kebutuhan di dalam Inklusif Sekolah.” 382( Es ), 678–681.

Noviyanti , SAYA. N. 2019. " Kurikulum 2013 Berdasarkan pada Itu Filsafat Perspektif dari Progresivisme.” Jurnal dari Matematika Dan Matematika Pendidikan , 9(1), 35.

https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48287.

Pradina , Q., Faiz , A., & Yuningsih , D. 2021. Peran Guru di dalam Membentuk Karakter Disiplin ( Studi Pada peserta mendidik di dalam Saya Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Jurnal Pengetahuan Pendidikan, 3(6), 4118–4125.

Rukiyati , & Purwastuti , LA 2015. Mengenal Filsafat Pendidikan. fakultas Pendidikan Sains Universitas Negara Yogyakarta.

Sugiyono . 2015. metode Belajar Pendidikan (Mendekati Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian dan Pengembangan).

Alfabet.

Susilawati , N. 2021. "Mandiri Belajar Dan Kampus Mandiri Di dalam Melihat Filsafat Pendidikan Humanis.” Jurnal Sikola : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108.

Suwartiningsih , S. 2021. “Penerapan Pembelajaran Diferensiasi untuk Peningkatan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPA Pohon Diskusi Tanah Dan Keberlanjutan Kehidupan di dalam Kelas IXb Semester Bahkan SMA NEGERI 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Pendidikan Dan Sedang belajar Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94.

Tomlinson, Carol Ann, & Moon, T. 2014. Penilaian di kelas yang berbeda. Terbukti Program di dalam Pendidikan: Manajemen Kelas Dan Penilaian, 1–5.

Downloads

Published

2024-01-13

How to Cite

Sulistiawan, M. J. ., Arifeni, S. ., Nur, W. A. ., Pristiwati, R., & Doyin, M. . (2024). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA PENDEK BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA KRISTEN TERANG BANGSA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 522–527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24322