STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24242Keywords:
Strategi, Prestasi Belajar, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini membahas tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dalam hal ini guru PAI menjadi tenaga professionalnya. Tujuannya ialah untuk menganalisis strategi apa saja yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sudah sangat baik, bukan hanya fokus pada kecerdasan siswa tetapi juga pada karakternya. Beberapa strategi pembelajaran yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga membangun karakter dalam diri siswa yaitu: 1) Pembiasaan bulan karakter, kejujuran dan tolong menolong, 2) Program harian wudhu dari rumah, dan 3) Program Basoar (Bacaan shalat beserta arti).References
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati. 2001, Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, Albar Mawi Khusni. 2013, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Prudent Media
Arikunto Suharsimi. 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012, Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional Yogyakarta: SUKSES Offset
Helmawati. 2014, Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis Bandung: PT Remaja Rosdakarya Husdarta dan Nurlan. 2010, Pertumbuhan & Perkembangan Peserta Didik Bandung:
ALFABETA.
Majid Abdul. 2012, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Neviyarni. 2004. ‘‘Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Berbagai Strategi Pemberdayaan Otak Kanan’’, Jurnal Ilmiah. Vol. VII, No. 2.
Nursalim. 2018, Ilmu Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis Depok: PT Raja Grafindo Persada
Rohman Arif. 2009, Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: LaksBang Mediatama
Slameto. 2003, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta
Sunhaji. 2013, Pembelajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains
Purwokerto: STAIN Press
Supriadie Didi dan Deni Darmawan. 2012, Komunikasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah Darwyan dkk. 2007, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gaung Persada Press
Tambak Syahraini. 2014, Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI
Yogyakarta: Graha Ilmu
Wassid Iskandar dan Dadang Sunendar. 2008, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Latifah Hannum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.