STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Latifah Hannum Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • Tumiran Tumiran Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • Hayatul Ridho P. A. Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • Nur Aini Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • Khairil Anwar Nasution Universitas Pembangunan Pancabudi Medan
  • M. Iqbal Firdaus Universitas Pembangunan Pancabudi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24242

Keywords:

Strategi, Prestasi Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dalam hal ini guru PAI menjadi tenaga professionalnya. Tujuannya ialah untuk menganalisis strategi apa saja yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sudah sangat baik, bukan hanya fokus pada kecerdasan siswa tetapi juga pada karakternya. Beberapa strategi pembelajaran yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga membangun karakter dalam diri siswa yaitu: 1) Pembiasaan bulan karakter, kejujuran dan tolong menolong, 2) Program harian wudhu dari rumah, dan 3) Program Basoar (Bacaan shalat beserta arti).

References

Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati. 2001, Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, Albar Mawi Khusni. 2013, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Prudent Media

Arikunto Suharsimi. 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012, Belajar dan Pembelajaran Membantu Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai Standar Nasional Yogyakarta: SUKSES Offset

Helmawati. 2014, Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis Bandung: PT Remaja Rosdakarya Husdarta dan Nurlan. 2010, Pertumbuhan & Perkembangan Peserta Didik Bandung:

ALFABETA.

Majid Abdul. 2012, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Neviyarni. 2004. ‘‘Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Berbagai Strategi Pemberdayaan Otak Kanan’’, Jurnal Ilmiah. Vol. VII, No. 2.

Nursalim. 2018, Ilmu Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis Depok: PT Raja Grafindo Persada

Rohman Arif. 2009, Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: LaksBang Mediatama

Slameto. 2003, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: PT Rineka Cipta

Sunhaji. 2013, Pembelajaran Tematik Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains

Purwokerto: STAIN Press

Supriadie Didi dan Deni Darmawan. 2012, Komunikasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah Darwyan dkk. 2007, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Gaung Persada Press

Tambak Syahraini. 2014, Pendidikan Agama Islam Konsep Metode Pembelajaran PAI

Yogyakarta: Graha Ilmu

Wassid Iskandar dan Dadang Sunendar. 2008, Strategi Pembelajaran Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Hannum, L. ., Tumiran, T., A., H. R. P., Aini, N. ., Nasution, K. A. ., & Firdaus, M. I. . (2024). STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 373–376. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24242