IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP PELAKSANAAN SHOLAT DHUHA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 1 GUBUG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23041Keywords:
Evaluasi , Shalat Dhuha, Disiplin.Abstract
Pendidikan segi ibadah sholat sangatlah memiliki manfaat besar teruntut manusia. Efektifitas dalam pelaksanaan sholat dhuha sebagai langkah untuk diterapkan kepada para siswa, karena sholat dhuha bersifat sunnah sering manusia lupakan. Berdasarkan dari observasi yang telah dijalankan di SMP Negeri 1 Gubug kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan sholat sunnah dhuha kegiatan tersebut dilaksanakan bagi kelas VII-IX. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan sholat dhuha bersama-sama di SMP N 1 Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan, untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelaksanaan kegiatan sholat dhuha dalam peningkatan disiplin siswa di SMP N 1 Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan field research dan hasil penelitian yang didapat adalah Pelaksanaan dalam kegiatan sholat dhuha di SMP N 1 Gubug kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat waktu istirahat jam 09.40. kegiatan sholat dhuha dilakukan di musholla sekolah dan dilakukan bersama-sama antar siswa bukan secara berjamaah yg di pimpin langsung pembina dalam sholat dhuha tetapi dalam pelaksanaannya yang sering memimpin adalah siswa sendiri yang diberikan amanah oleh guru pendidikan agama islam. Efektivitas dalam pelaksanaan kegiatan sholat dhuha di SMP N 1 Gubug kecamatan Gubug kabupaten Grobogan, efektivitasnya dalam kegiatan dapat dilihat dengan cara model evaluasi CIPP yang peneliti gunakan. evaluasi kontes (context evaluation), evaluasi masukan (input evaluation), evaluasi proses (proces evaluation), evaluasi produk (product evaluation).References
Ahmad, Muhammad Abdul Qadir (2008). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Jaziry, Abu Bakar Jabir. (1991). Pola Hidup Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Al-Munawar, Said Agil Husin. (2005). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: PT.Ciputat Press.
Djamal, Muhammad. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta; Mitra Pustaka
Ernawati, Ika. (2016). Pengaruh Layanan Imformasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Xll Cokro Aminoto Banjarnegara. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 01, No. 1, 242
Fitrah, Muhammad dan Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kulaitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak
Huberman, dan Miles. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia
Lestiawati, I Made. (2003). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUDNI, Vol. 8. No. 2, 12
Mahmudi, Ihwan. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta'dib, Vol. 6, No. 1, 119-121
Marmoah, Sri. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan Teori dan Praktek. Sleman: Deepublish.
Magdalena, Ina, dkk. (2021). Desain Instruksi SD (Teori dan Praktik). Sukabumi: CV Jejak.
Nata, Abuddin. (1998). Al Quran Dan Hadits (Dirasah Islamiyah I). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurjanah, Nonci. (2017). Implementasi Program Gernas Kakao. Makassar: SahMedia.
Sari, Windy Dian. (2019). Pengaruh Persepsi Faktor Rasional dan Emosional Terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lentera Ilmu Kota Tangerang. Jakarta: PTIQ Jakarta.
Santut, Khatib Ahmad. (1998). Menumbuhkan Sikap Sosial, Moral Dan Spiritual Anak Dalam Keluarga Muslim. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Stuffbleam. (1973). Educational Evaluation and Decision Making. Itasca Illinois: F.E. Peacock Publisher Inc
Tilar. (2001). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rajawali press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Durotun Nisak, Faisal Afda’u, Mukh Nursikin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.