PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA BALI SEBAGAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA YANG BERASAL DARI LUAR BALI KELAS IV SD NO. 2 DALUNG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22940Keywords:
Siswa Luar Bali, Bahasa Bali, SDAbstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman salah satunya adalah keberagaman bahasa daerah Bali. Pendidikan Bahasa Bali diberikan ke seluruh jenjang yang ada di SD mulai dari kelas I hingga kelas VI termasuk siswa yang berasal dari luar Bali yang mengenyam pendidikan di Bali. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui pemahaman siswa yang berasal dari luar Bali terhadap Bahasa Bali, (2) Untuk mengetahui kesan siswa yang berasal dari luar Bali dalam menerima bahasa Bali sebagai kearifan lokal, dan (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa yang berasal dari luar Bali tertarik dalam mempelajari bahasa Bali. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan pencatatan dokumen. Berdasarkan observasi siswa yang berasal dari luar Bali pada kelas IV di SD No. 2 Dalung cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran Bahasa Bali padahal nilai rata-rata siswa tersebut di atas KKM. Kesan siswa mengikuti pembelajaran Bahasa Bali adalah senang, tidak terpaksa, dan menganggap bahwa pelajaran Bahasa Bali cukup sulit. Selain itu, terdapat dua faktor yang mempengaruhi siswa yang berasal dari luar Bali mau mempelajari Bahasa Bali yaitu faktor internal (motivasi) dan faktor eksternal (kurikulum, lingkungan, dan keluarga).References
Adnan, F. 2018. Bahasa Daerah di Indonesia: Kebersamaan dalam Keberagaman. Jakarta Timur: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Akhmadi, A. 2019. ‘Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia S Diversity’, Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2): 45–55.
Dimas, R. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Universitas Negeri Medan.
Djaali, H. dan Muljono, P. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Kapoh, R. J. 2010. ‘Beberapa Faktor yang Berpengaruh dalam Perolehan Bahasa’, Jurnal Interlingua, 4(1): 87–95.
Kurniati, L. 2015. ‘Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Anak di Sekolah’, Jurnal Pesona, 1(1): 1–14.
Martha, I. N., Sriasih, S. A. P. dan Indriani, M. S. 2014. ‘Analisis Hubungan Sikap dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Bali Mahasiswa Baru Jurusan Pendidikan Bahasa Bali Tahun Ajaran 2013-2014’, Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 8(16): 24–33.
Martoyo, I. M. H., Sentinuwo, S. dan Sambul, A. (2018) ‘Pembuatan Aplikasi Kamus Bahasa Daerah Siau’, Jurnal Teknik Informatika, 13(2): 1-6.
Muderawan, I. W., Wiratma, I. G. L. dan Nabila, M. Z. 2019. ‘Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Kimia’, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1): 17–23.
Pramiyati, T., Jayanta, J. dan Yulnelly, Y. 2017. ‘Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil)’, Simetris?: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2): 679.
Pudjoatmodjo, B. dan Hendayun, M. 2016. ‘Kehandalan Software Berdasarkan Data Sekunder Menggunakan Distribusi Poisson dan Kualifikasi Cronbach’s Alpha’, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 5(2): 53-62.
Rosita, A. dan Aprila, F. 2006. ‘Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Daerah dalam Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Eksistensi Budaya Bangsa’, Pengembangan Pendidikan, 3(1): 35–43.
Salamah, S. 2015. ‘Studi Ringkas Pemerolehan Bahasa Pada Anak’, Jurnal Bahastra, 33(2): 73–82.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sumaryanti, L. 2017. ‘Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak’, Jurnal Muaddib, 07(1): 72–89.
Sutardi, T. 2007. Antropologi: Mengungkap Keragaman Budaya. Bandung: PT Setia Purna Inves.
Suweta, I. M. 2019. ‘Bahasa Bali Sebagai Sentral Kebudayaan Bali’, Jurnal Maha Widya Bhuwana, 2(1): 7–16.
Suwija, I. 2012. ‘Nilai –Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Bali’, Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1): 67–80.
Tangkas, P. R. D. dan Tangkas, M. R. U. 2021. ‘Aksara bali dalam Penulisan Nama Orang’, Jurnal Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, 2(1): 1–9.
Urwani, N., Ramli, M. dan Ariyanto, J. 2018. ‘Analisis Keterampilan Komunikasi pada Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2): 181–190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Made Agus Dwi Pradnyana Dita, I Wayan Lasmawan, I Gede Margunayasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




