PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR DPIB KELAS X SMK N 14 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29529Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran AIR, Model Pembelajaran PBL.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dasar-dasar DPIB Kelas X DPIB 1 SMK Negeri 14 Medan. Tujuan Penelitian ialah mengetahui pengaruh yang berbeda antara penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dengan penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Dasar-dasar DPIB. Metode Penelitian menggunakan Quasi Eksperimen yang menggunakan Desain Pre-test dan Post-test. Dalam Menguji hipotesis digunakan uji-t sampel independen rata-rata post-test pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (3,329 > 1,67155) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Dasar-dasar DPIB yang diajarkan dengan menggunakan model AIR lebih tinggi dari pada hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.References
A, S. S. (2001). Membangun Kompetensi Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Al-tabani, T. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Prenada Media Group.
Arends. (1997). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Arikunto. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, R. (1998). Teori-teori Belajar. Jakarta: P2LPTK.
Dutch. (1995). Pembelajaran Berbasis Masalah . Jakarta: Sejarah Indonesia.
Ekasari, E. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP Di SMKN 2 Buduran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Erman, S. (2008). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. diakses dari laman web tanggal 4 November 2009 dari http://pkab. wordpress.com/2008/04/29.
Fatmawati, S. (2022). Dasar-dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Malang: PT. Kuantum Buku Sejahtera.
Glazer. (2001). Problem Based Instruction. In M.Orey (ED), Emerging Perspective On Learning, teaching, and technology. Retrieved from http//www.coe.uga.edu/eplit/ProblemBasedInstruct.htm.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Huda, M. (2015). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Indonesia, R. (2003). Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Indonesia, R. (2015). Undang-undang No 14 tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Joyce, B., & Marsha, W. (1992). Models Of teaching. USA: Allyn and Bacon.
Meier, D. (2003). The Accelerated Learning handbook: Panduan Kreatif & efektif merancang program pendidikan dan pelatihan. Bandung: Kaifa.
Miftahul, U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Abung Barat Lampung Utara. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Munadi. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Pristiyaningsih, D. (2020). Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa . Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.
Purwanto. (2008). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.
Rose, Colin, Nicholl, & Malcolm, J. (2002). Accelerated Learning For The 21st Century. Bandung: Penerbit Nuansa.
Rusman. (2013). Metode-metode Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Samjas, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar mata pelajaran al-quran hadits siswa kelas XI Madrasah Aliyah Tassbeh Baitul qur'an kabupaten Pinrang. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2004). Metode Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
Sulistyowati, N. (2021). Dasar-dasar Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Buku Siswa Kelas X SMK Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Syahrul, C. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar siswa SMK Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Medan: UMSU.
Thorndike, E. (2018). Implikasi Teori Belajar. E JURNAL BASICEDU , HAL 52-60.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, b. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Winkel, W. (1999). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Akbar, Ahda Sabila, Ambiyar Ambiyar, Mahesi Agni Zaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.