MULTILINGUALISM IN THE ENGLISH CLASSROOM: A LITERATURE REVIEW ON STRATEGIES AND BENEFITS

Authors

  • Wira Jaya Hartono STMIK Dharmapala Riau
  • Mike Nurmalia Sari STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Rasmita Rasmita Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Puspita Devi Devi Universitas Baturaja
  • Lulu Jola Uktolseja Universitas Victory Sorong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22137

Keywords:

Multilingualisme; Kelas Bahasa Inggris; Strategi; Keuntungan

Abstract

Topik multibahasa di kelas bahasa Inggris telah menjadi menjadi perhatian yang signifikan dalam pendidikan modern karena meningkatnya keragaman bahasa keanekaragaman bahasa di antara populasi siswa secara global. Tinjauan literatur ini mengeksplorasi berbagai taktik, keuntungan, kesulitan, dan faktor yang harus dipertimbangkan yang perlu dipertimbangkan dalam kaitannya dengan penerapan pendekatan multibahasa di bidang pengajaran bahasa Inggris. Kajian ini juga mengkaji dampak dari pendekatan-pendekatan ini terhadap kompetensi bahasa dan kesadaran sosiokultural siswa. Pergeseran demografi pemerolehan bahasa Inggris, di mana mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris sekarang lebih banyak daripada mereka yang merupakan penutur asli bahasa Inggris, membutuhkan pendekatan baru untuk pedagogi bahasa. Penelitian ini menyelidiki efek dari beberapa teknik multibahasa, termasuk alih kode, kegiatan penerjemahan, pemanfaatan sumber daya multibahasa, dan kolaborasi dengan teman sebaya, terhadap kompetensi bahasa dan hasil pembelajaran. Penelitian terhadap elemen sosiokultural yang berkaitan dengan keragaman bahasa menunjukkan bahwa adopsi multibahasa menawarkan berbagai keuntungan, seperti pengayaan budaya, peningkatan kemampuan komunikasi, dan empati yang lebih tinggi. Namun, para pendidik menghadapi menghadapi berbagai kendala termasuk ketersediaan waktu yang terbatas, penolakan terhadap mengadopsi pendekatan baru, dan kendala dalam hal sumber daya yang tersedia. Hambatan-hambatan tersebut di atas dapat diatasi dengan cara pengembangan profesional yang komprehensif, komunikasi yang transparan, strategi strategis, alokasi sumber daya, dan pengembangan lingkungan kelas yang inklusif. Sebagai rangkuman, tinjauan literatur ini menyoroti Singkatnya, tinjauan literatur ini menyoroti kapasitas multibahasa untuk mendorong kelas bahasa Inggris yang inklusif, sadar global, dan selaras dengan budaya inklusif, sadar global, dan selaras dengan budaya di ruang kelas. Melalui integrasi yang disengaja dari metodologi multibahasa dan penyelesaian hambatan secara proaktif, para pendidik memiliki kapasitas untuk meningkatkan kemampuan linguistik, kesadaran budaya, dan dan kepekaan, sehingga membekali mereka dengan alat yang diperlukan untuk berkembang dalam konteks global yang beraneka ragam dan saling terkait.

References

Annury, M. N. (2017). Promoting Multilingualism In The Classroom: A Case Study Of Elt Program. Vision: Journal For Language And Foreign Language Learning, 6(1), 96-104.

Coelho, E. (2004). Adding English: A Guide To Teaching In Multilingual Classrooms. Pippin Publishing Corporation.

Cummins, J. (2009). Multilingualism In The English?Language Classroom: Pedagogical Considerations. Tesol Quarterly, 43(2), 317-321.

Cummins, J. (2017). Multilingualism In Classroom Instruction:“I Think It’s Helping My Brain Grow”. Scottish Languages Review, 33, 5-18.

Gilmour, R. (2020). Multilingualism And English Teaching. English In Education, 54(1), 1-5.

Hopp, H., Jakisch, J., Sturm, S., Becker, C., & Thoma, D. (2020). Integrating Multilingualism Into The Early Foreign Language Classroom: Empirical And Teaching Perspectives. International Multilingual Research Journal, 14(2), 146-162.

Illman, V., & Pietilä, P. (2018). Multilingualism As A Resource In The Foreign Language Classroom. Elt Journal, 72(3), 237-248.

Fauziningrum, E., Sari, M. N., Rahmani, S. F., Riztya, R., Syafruni, S., & Purba, P. M. (2023). Strategies Used By English Teachers In Teaching Vocabulary. Journal On Education, 6(1), 674-679.

Haukås, Å. (2016). Teachers’ Beliefs About Multilingualism And A Multilingual Pedagogical Approach. International Journal Of Multilingualism, 13(1), 1-18.

Milambiling, J. (2011). Bringing One Language To Another: Multilingualism As A Resource In The Language Classroom. In English Teaching Forum (Vol. 49, No. 1, P. 18). Us Department Of State. Bureau Of Educational And Cultural Affairs, Office Of English Language Programs, Sa-5, 2200 C Street Nw 4th Floor, Washington, Dc 20037.

Nursanti, R. R. (2021). Classroom Strategies Through Translanguaging For Multilingualism Students. English Learning Innovation (Englie), 2(1), 17-27.

Ningsih, P. E. A., & Sari, M. N. (2021). Are Learning Media Effective In English Online Learning?: The Students' And Teachers' Perceptions. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 173-183.

Pitkänen-Huhta, A., & Mäntylä, K. (2021). Teachers Negotiating Multilingualism In The Efl Classroom. European Journal Of Applied Linguistics, 9(2), 283-306.

Rusmiyanto, R., Huriati, N., Fitriani, N., Tyas, N. K., Rofi’i, A., & Sari, M. N. (2023). The Role Of Artificial Intelligence (Ai) In Developing English Language Learner's Communication Skills. Journal On Education, 6(1), 750-757.

Sari, M. N. (2021). Shaping Young Learners’character Through Teacher Questioning In English Classroom Activities. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 14-19.

Sari, M. N. (2022). Teachers’ Perceptions On Students’ Learning Styles On Learning English At Sma Negeri 10 Kerinci. Jurnal Pendidikan, Keguruan, Dan Pengajaran, 1(1), 32-43.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2022). An Analysis Of Students’motivation And Anxiety On Learning English At Sma Negeri 6 Kerinci. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 181-188.

Sari, M. N., Ningsih, P. E. A., & Novita, A. (2023). An Analysis Of English Classroom Interaction Pattern At Eleventh Grade Of Smkn 4 Kerinci Based On El Hanafi Theory. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 105-115.

Wulantari, N. P., Rachman, A., Sari, M. N., Uktolseja, L. J., & Rofi'i, A. (2023). The Role Of Gamification In English Language Teaching: A Literature Review. Journal On Education, 6(1), 2847-2856.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Hartono, W. J. ., Sari, M. N. ., Rasmita, R., Devi, P. D., & Uktolseja, L. J. . (2023). MULTILINGUALISM IN THE ENGLISH CLASSROOM: A LITERATURE REVIEW ON STRATEGIES AND BENEFITS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2732–2741. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22137

Most read articles by the same author(s)