PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Harry Pratama Figna Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan AL Maksum

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21906

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajran, Animasi

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran untuk siswa kelas X SMA Esa Prakarsa. Penelitian   ini menggunakan metodae penelitian Research and Development (R and D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efetivitas media pembelajaran berbasis Animasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: (1) validitas media pembelajaran berbasis animasi dinyatakan valid pada aspek media dan aspek materi, (2) praktikalitas media pembelajaran berbasis animasi berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis, (3) efektivitas media pembelajaran berbasis animasi dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil  belajar.  Berdasarkan temuan  penelitian  ini  disimpulkan  bahwa  media  pembelajaran berbasis  animasi  dinyatakan  valid,  praktis,  dan  efektif  untuk  dimanfaatkan  sebagai  Media pembelajaran berbasis Animasi pada mata pelajarab Teknologi informasi dan komunikasi di SMA Esa Prakarsa.

References

Daryanto. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta : Gava Media. 2013.

Nana Sudjana, Ahmad Rifai. MediaPengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo. 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Yogyakarta: Alfabeta, 2014.

Thiagarajan, at al. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University. 1974.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Figna, H. P. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2411–2415. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21906