PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21906Keywords:
Pengembangan Media Pembelajran, AnimasiAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran untuk siswa kelas X SMA Esa Prakarsa. Penelitian ini menggunakan metodae penelitian Research and Development (R and D) dengan prosedur pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efetivitas media pembelajaran berbasis Animasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini: (1) validitas media pembelajaran berbasis animasi dinyatakan valid pada aspek media dan aspek materi, (2) praktikalitas media pembelajaran berbasis animasi berdasarkan respon guru dan siswa dinyatakan sangat praktis, (3) efektivitas media pembelajaran berbasis animasi dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai Media pembelajaran berbasis Animasi pada mata pelajarab Teknologi informasi dan komunikasi di SMA Esa Prakarsa.References
Daryanto. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta : Gava Media. 2013.
Nana Sudjana, Ahmad Rifai. MediaPengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo. 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Yogyakarta: Alfabeta, 2014.
Thiagarajan, at al. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University. 1974.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Harry Pratama Figna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.