DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Marfu'atul Misriyah IAIN Palangka Raya
  • Nasiruddin Sidqi Sidqi IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21419

Keywords:

Akhlak, Dampak, Gadget, Siswa

Abstract

Tidak dinafikan penggunaan gadget khususnya di kalangan siswa sekolah dasar menghasilkan dampak signifikan terhadap akhlak mereka, cakupannya terdiri dari aspek positif dan negatif yang berimplikasi memicu munculnya serangkaian perilaku ketika berinteraksi dengan guru, teman sebaya, orang tua maupun lingkungan sekitar. Fokus penelitian ini menggali dampak penggunaan gadget terhadap akhlak siswa sekolah dasar di Desa Padang Luar, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan subjek utamanya yakni siswa yang bersekolah di tempat tersebut serta orang tua dari masing-masingnya sebagai informan. Adapun pendekatan kualitatif digunakan sebagai metode penelitian dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumenter dilanjutkan dengan reduksi data serta penarikan kesimpulan untuk analisis penelitian yang hasilnya dijabarkan secara deskriptif (kalimat-kalimat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap akhlak siswa terbagi menjadi dua macam yakni: 1. Dampak positif mencakup peningkatan kemampuan siswa untuk berkomunikasi jarak jauh dengan guru, teman, dan orang tua serta aspek akhlak siswa juga terlaksana dengan baik seperti. 2. Dampak negatifnya yakni siswa menentang perintah orang tua, gangguan kesehatan seperti masalah mata dan kepala yang muncul setelah penggunaan gadget dalam jangka waktu yang berlebihan.

References

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Alifiani, H., Nurhayati, N., & Ningsih, Y. (2019). Analisis penggunaan gadget terhadap pola komunikasi keluarga. Faletehan Health Journal, 6(2), 51-55.

Daulay, D. H., Hayati, A., & Efendi, R. (2023). Early Marriage According to the Views of Muhammadiyah Figures and Nahdlatul Ulama Leaders (Case Study in Fisherman Village Communities, Medan Marelan District). Jurnal Hukum Sehasen, 9(1), 1-8.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.

Hadi, Y. N., & Nisa, N. A. K. (2023). Polemik Pendidikan Indonesia Masa Kini.

Haqqi, H., & Wijayati, H. (2019). Revolusi industri 4.0 di tengah society 5.0: sebuah integrasi ruang, terobosan teknologi, dan transformasi kehidupan di era disruptif. Anak Hebat Indonesia.

Lase, M. B., & Tafonao, T. (2021). Urgenitas Pengawasan Orang Tua Dalam Mendampingi Psikologi Anak Selama Belajar Daring Di Masa Pandemi. Xairete: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 15-27.

Mintarti, M., Widyastuti, T. R., & Sutoyo, I. S. (2023). Anak Miskin Boleh Sekolah. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 9(1).

Novitasari, N. (2019). Strategi pendampingan orang tua terhadap intensitas penggunaan gadget pada anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167-188.

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1585-1592.

Nurhasanah, A., & Indrajit, R. E. (2021). Parenting 4.0: Mengenali Pribadi dan Potensi Anak Generasi Multiple Intelligences. Penerbit Andi.

Nurhidayah, W. (2022). TINJAUAN MAQASID SHARI'AH TERHADAP FITUR LIVE STREAMING APLIKASI TIK TOK (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Pertiwi, M. S., Sanubari, T. P. E., & Putra, K. P. (2018). Gambaran perilaku penggunaan gawai dan kesehatan mata pada anak usia 10-12 tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(1).

Qiladah, P. A. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget dalam Perkembangan Sosial Siswa Ke?as V MI Tahfidz Al Asyhar Kedungkandang Malang.

Rahmaniyah, H. (2020). Gadget Di Sekolah Berbasis Pesantren (Fenomena Pelanggaran Penggunaan Gadget Di MA Al-Huda Sumber Nangka Larangan Pamekasan) (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Rais, N. S. R., Dien, M. M. J., & Dien, A. Y. (2018). Kemajuan teknologi informasi berdampak pada generalisasi unsur sosial budaya bagi generasi milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61-71.

ROFIAH, H. (2018). PERANAN PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KELUARGA PADA KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI SMPN 1 GALIS PAMEKASAN.

Sofiyana, M. S., Ahdiyat, M., Iskandar, A. M., Hairunisya, N., Usriyah, L., Dwiantara, L., ... & Prihatiningsih, T. S. (2021). PANCASILA, Merdeka Belajar dan Kemerdekaan Pendidik. Unisma Press.

Suprihatin, A. (2023). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 JENANGAN (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital?. Edu Publisher.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Widiastuti, I. S. (2023). Pemanfaatan gadget dalam mendukung proses pembelajaran di MAN 1 Trenggalek (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Downloads

Published

2023-11-27

How to Cite

Marfu’atul Misriyah, & Sidqi, N. S. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP AKHLAK SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2311–2315. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21419

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.