PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN BOLA WARNA- WARNI DI RA FADNUR AISYAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21313Keywords:
Kognitif, Bermain,Bolamwarna-Warni.Abstract
Anak merupakan individu yang unik, dan memiliki kekhasan tersendiri. Kajian tentang anak selalu menarik sehingga memunculkan berbagai pandangan tentang arti sebenarnya hakikat seorang anak.. Dengan melatih kognitif anak melalui bermain bola warna warni dapat mengembangkan pengetahuan dalam mengenal warna. Dengan bermain anak secara spontanitas memotivasi belajar anak tanpa penat.. Maka dari itu isi penelitian dilakukan melalui teknik pengumpulan data melalui observasi, interfretasi yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan penelitian tindak kelas. Berdasarkan hasil penilitian dari 15 anak, maka penulis memperoleh hasil dari siklus I adalah 20% anak sudah berkembang sesuai harapan dan di siklus II 47% anak yang sudah berkembang sesuai harapan. Kesimpulkannya penulis bahwa melatih kognitif anak melalui bermain bola warna- warni sudah mencapai hasil sesuai dengan harapan penulis serta dapat menambah minat anak.References
Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946
Armanila, A., & Lubis, M. (2023). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Air Di Tk Alfath Medan. Ansiru PAI?: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), 171. https://doi.org/10.30821/ansiru.v7i1.16123
Armanila, A., Turtati, A., Siregar, A. S., & Skd, S. M. (2022). Hubungan Interior Belajar dan Bermain terhadap Perkembangan Bahasa AUD. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 77–93. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1116
Harahap, H. S., & Armanila. (2023). Implementation of Special Management in RA Kamboja. Indonesian Journal of Islamic Early Education, 7(2), 149–155.
hasnah siahaan, N. H. E. R. K. S. (2021). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Bahan Alam Di Raudhatul. Edu Riligia, 4(2), 1–212.
Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497
MZ, N. I., Armanila, A., & Amalia, R. (2022). Pengaruh Pendekatan Tematik Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 165. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13841
Siahaan, H., Nasution, W. S., Ayunita, S., & Sa, N. (2023). Peran Guru dalam Pengambangan Kognitif dan Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini. 9(1), 15–24.
Simanjuntak, F., & Siahaan, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Bahan Alam. A?f?lun?: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.921
Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasnah Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.