KUALITAS LAYANAN DESTINASI WISATA KEPULAUAN (BAHARI) DI INDONESIA

Authors

  • Dedi Herdiansyah Dedi Politeknik Negeri Pontianak
  • Meizi Fahrizal Meizi Politeknik Negeri Pontianak
  • Lia Suprihartini lia Politeknik Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21197

Keywords:

Kualitas layanan, Destinasi Wisata Kepulauan, dan Wisata Pedesaan.

Abstract

Tujuan Penelitian kali ini adalah menemukan konsep kualitas layanan destinasi wisata kepulauan (Bahari). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan Destinasi Wisata Bahari, ditentukan oleh 4 (empat) dimensi yaitu: 1). Aksesibilitas. Tersedia alat transportasi penyebrangan, namun kapal tradisional penangkap ikan masyarakat yang dimodifikasi untuk angkutan orang, barang dan kendaraan; 2). Amenitas. Tersedia berbagai alternatif akomodasi, mulai dari hanya sekedar sewa lahan buat mendirikan tenda, sewa kamar di rumah penduduk, dan penginapan dalam bentuk vila dan homestay. Namun penginapan memiliki keterbatasan jam operasi listrik; dan 3). Atraksi. Wisata andalan adalah alam seperti pemandangan laut dan snorkling karang nemo dan setiap setahun sekali diadakan spesial even (Festival Lemukutan). Namun belum tersedia atraksi budaya, baik seni tari maupun seni musik yang menunjukkan khas daerah. 4). Penunjang. Pulau Lemukutan sudah memiliki Pokdarwis, namun SDM mereka masih mengandalkan wawasan dan pengetahuan otodidak, tidak ada latar belakang pendidikan formal ataupun nonformal. Peran serta berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas manajerial mereka dan peningkatakan kualitas sarana prasarana pendukung wisata.    

Author Biographies

Meizi Fahrizal Meizi, Politeknik Negeri Pontianak

   

Lia Suprihartini lia, Politeknik Negeri Pontianak

   

References

Alvianna, S., Patalo, R.G. Hidayatullah, S., dan Rachmawati, I. . (2020). Pengaruh Attraction, Accessibillity, Amenity, Ancillary Terhadap Kepuasan Generasi Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 4 (1), 53-59.

Andrianto, T., dan Sugiama, A. G. (2016). The Analysis of Potential 4A’s Tourism Component in the Selasari Rural Tourism, Pangandaran, West Java. Asia Tourism Forum 2016 - The 12th Biennial Conference of Hospitality and Tourism Industry in Asia (ATF-16), 138-144.

Burkholder, D. . (2009). Returning Counselor Education Doctoral Students: Issues of Retention and Perceived Experiences. Disertasi PhD dari Kent State University College and Graduate School of Education, Health, and Human Services.

Fragidis, G. dan Kotzaivazoglou, I. (2022). Goal Modelling for Strategic Dependency Analysis in Destination Management. Journal of Tourism, Heritage & Services Marketing, 8 (2), 3-15.

Ismail, T. dan Rohman, F. (2019). The Role of Attraction, Accessibility, Amenities and Ancillary on Visitor Satisfaction and Visitor Attitudinal Loyalty of Gili Ketapang Beach. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan 12 (2), 149-165.

Khrisnamurti, Utami, D. dan Darmawan, R. (2016). Dampak Pariwisata terhadap Lingkungan di Pulau Tidung Kepulauan Seribu. Jurnal Kajian 21 (3), 257 - 273.

Madyaningrum, I.R., Utomo, A.C.C., dan Pratama, Y. . (2019). Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Pariwisata di Taman Nasional Karimunjawa. KRITIS, Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, XXVIII (2), 140-148.

Mahadiansar dan Aspariyana. (2020). PEST Analysis Model dalam Pengembangan Potensi Wisata Pulau Benan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 1 (1), 14-25.

Ningtiyas, E.A., Stella Alvianna, S., Hidayatullah, S., Sutanto, D.H., dan Waris, A. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Media Wisata, 19 (1), 83-96.

Peroff, D.M., Deason, G.G., Seekamp, E., dan I. (2017). Integrating Frameworks for Evaluating Tourism Partnerships: An Exploration of Success within the Life Cycle of a Collaborative Ecotourism Development Effort. Journal of Outdoor Recreation and Tourism. 17, 100-111.

Robustin, T.P., Sularso, R.A., Suroso, I. dan Yulisetiarini, D. (2018). The Contribution of Tourist Attraction, Accessibility and Amenities in Creating Tourist Loyalty in Indonesia. Journal of Business and Economics Review 3 (4), 92-98.

Sugiama, A.G., Hidajat, J. dan Andrianto, T. (2015). The Integrated Marketing Strategy to Increase Tourist Visit and Income of Poverty in the Rural Area (Strategi Integrasi Pemasaran Desawisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan dan Pendapatan Masyarakat Miskin Pedesaan agar Wisatawan Puas dan Loyal).

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Dedi, D. H., Meizi, M. F., & lia, L. S. . (2023). KUALITAS LAYANAN DESTINASI WISATA KEPULAUAN (BAHARI) DI INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2702–2710. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21197

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.