MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING KELAS X MA NURUN NAJAH

Authors

  • Abu Siri Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Haya Haya Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20936

Keywords:

CPS, Hasil Belajar Ekonomi.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi persoalan tentang rendahnya hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi khususnya dikelas X MAS Nurun Najah Buleleng Bali Tahun Pelajaran 2023/2024. pelaksanaan penelitian dengan menggunakan PTK ini terdiri dari dua siklus dengan urutan seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, sedangkan jumlah siswa pada kelas ini 16 siswa yang terdiri dari 9 Laki-laki dan 7 Perempuan. Adapun kriterian keberhasilan penelitian ini Ketika indicator pencapaian 70. Hasil penetilain ini terdapat adanya peningkatan hasil belajar Ketika menggunakan model pembelajaran creative problem solving dengan persentasi keberhasilan dengan nilai 63, 75 % pada prasiklus sebelum dilakukan perlakuan dengan model CPS, kemudian adanya peningkatan menjadi 66,87% disiklus pertama. Sebenarnya sudah dapat dikatakan berhasil kalau melihat dari keberhasilan disiklus pertama. Tetapi untuk memastikan penelitian ini maka dilakukan ke siklus kedua dengan nilai rata-rata 76, 87.

References

Arikunto, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (p. 301). Bumi Aksara.

Ekawati, S. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Topik Persamaan Dasar Akutansi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 176. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.663

Irawan Zebua, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Pelajaran Ekonomi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 692–694. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.2377

Martini, I. N. & S. K. (2021). Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting. Widina Bhakti Persada Bandung, 1, 248–253.

Nande, M., Banda, Y. M., & Mbaru, Y. (2021). Penerapan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi dengan Model Pembelajaran Cooperative Script. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.319

Susanto, H. (2020). Buku Profesi Keguruan. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Sutiana & Haya. (2022). Pengaruh Model Creative Problem Solving ( Cps ) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Siswa Kelas V SDN Kecamatan Pakem , Kabupaten Bondowoso. 1(2), 186–195.

Suwardi, Firmansiana, M. E., & Nida, F. (2015). Loyalitas terhadap kinerja guru SD. Al-Azhar Indonsesia Seri Humaniora, 1, 96–108.

Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 160. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1774

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Siri, A. ., & Haya, H. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING KELAS X MA NURUN NAJAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1337–1344. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20936

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.