PERANAN MANAJEMEN PENDIDIKAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL DI SLB NEGERI BONTANG KALIMANTAN TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.20243Keywords:
Manajemen Pendidikan Khusus, Hambatan Intelektual, MatematikaAbstract
Pendidikan adalah proses kerjasama antara lembaga dan individu untuk meningkatkan kepribadian dan kompetensi peserta didik baik secara rohani maupun jasmani. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia menggarisbawahi pentingnya menciptakan suasana belajar yang mendukung pengembangan potensi peserta didik. Manajemen pendidikan, terutama dalam konteks peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK), memerlukan pendekatan yang inklusif, terencana, dan berkelanjutan. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengkaji manajemen pembelajaran matematika bagi peserta didik hambatan intelektual di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bontang, Kalimantan Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi pedoman utama bagi guru, meskipun harus disesuaikan secara fleksibel dengan kebutuhan peserta didik. Pembelajaran matematika mengedepankan pendekatan inklusif dan pengalaman langsung, di mana guru berperan penting dalam menyusun materi yang sederhana dan repetitif. Evaluasi pembelajaran tidak hanya mengukur hasil akhir, tetapi juga memperhatikan kemajuan dan respons peserta didik selama proses pembelajaran. Manajemen pendidikan khusus di SLB mencakup aspek kepegawaian, kurikulum, serta sarana dan prasarana. Kolaborasi antara sekolah, keluarga, praktisi pendidikan, dan komunitas mendukung terciptanya lingkungan pembelajaran inklusif. Dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran matematika bagi peserta didik hambatan intelektual dapat membantu pengembangan keterampilan kognitif, sosial, dan kehidupan sehari-hari mereka.References
Aini, N. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Learning Disabilities Pada Topik Geometri. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 46–58. https://doi.org/10.21067/pmej.v5i1.6926
Alimin, Z. (2003). Hambatan Belajar dan Hambatan Perkembangan Pada Anak Tunagrahita [Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Amka, A. (2021). Manajemen Pendidikan Khusus (1 ed.). Nizamia Learning Center.
Ariyanti, G. (2021). Pendampingan Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Madiun. 5(4).
Damastuti, D. (2020). Pendidikan Anak dengan Hambatan Intelektual (Cetakan 1). Prodi PLB FKIP ULM.
Dapodik. (2023, Oktober). Data Pokok SLB NEGERI BONTANG - Pauddikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/999165E0ECAB63C244E3
Daroni, G. A., Solihat, G., & Salim, A. (2018). Manajemen Pendidikan Khusus di Sekolah Luar Biasa Untuk Anak Autis. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 196–204. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p196-204
Delphie, B. (2005). Matematika untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Pustaka Bani Quraisy.
Djokopranoto, R. (2011). Filosofi Pendidikan Indonesia: Rangkaian Esai Masalah Pendidikan (Cet. 1). Obor.
Engelina, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Luar Biasa Kembar Karya Pembangunan 3 Bekasi [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Fajri, F., & Waspodo, W. (2021). Manajemen Pendidikan Khusus Anak Tunagrahita Sekolah Luar Biasa Negeri Ogan Ilir Sumatera Selatan. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 142–156. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1584
Febrian, V. R., Zulmuqim, Z., & Pasrizal, H. (2019). Analisis Manajemen Pendidikan di SLB Negeri 1 Lima Kaum. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 71. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i1.1594
Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran (Cetakan 1). Bumi Aksara.
Hidayati, W., Syaefudin, S., & Muslimah, U. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan) (Cetakan Pertama). Semesta Aksara.
Mahabbati. (2013). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Laporan Penelitian 1; Pengabdian Kepada Masyarakat, hlm. 1–37). Universitas Negeri Yogyakarta.
Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI?: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1–8. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Richey, R. W. (1979). Planning for Teaching: An Introduction to Education (6. ed). McGraw-Hill.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran (Cetakan Pertama). Deepublish.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhartono, T. (2019). Manajemen Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi di Sekolah K-Link Care Center Jakarta). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 227. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1673
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran (Y. N. I. Sari, Ed.; Cetakan Pertama). Bumi Aksara.
Tumanggor, A., Tambunan, J. R., & Simatupang, P. (2021). Manajemen Pendidikan (S. E. Damanik, Ed.; Cet-1). Penerbit K-Media.
Widiastuti, N. L. G. K., & Winaya, I. M. A. (2019). Prinsip Khusus Dan Jenis Layanan Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 116–126. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.392
Winarsih, S., & Jamal’s, H. (2013). Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus bagi Pendamping (Orang Tua, Keluarga dan Masyarakat). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.
Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2). https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3489
Yusuf, Y. (2022). Manajemen Pendidikan di Sekolah Luar Biasa (Studi Kasus di SDLB Negeri Sampang). Jurnal Magister, 9(21), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wafa Ariani, Aulia Rahmi, Chairul Anami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.