PENGASUHAN POSITIF KELUARGA MANDAILING DESA AEK SIPOGAS SIPABANGUN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurhasanah Dalimunthe Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Fuji Rahmadi P Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20142

Keywords:

Pengasuhan Positif, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.

Abstract

Pengasuhan positif akan berkonsekuensi pada perkembangan positif. Pengasuhan positif yang diterapkan oleh setiap orang tua akan membawa dampak nyata pada anak dalam kematangan perkembangan di masa depan. Salah satu perkembangan yang potensial untuk diberikan stimulus adalah sosial emosional anak. Lingkungan terdekat anak yang diharapkan mampu memberikan stimulus yang baik adalah keluarga. Setiap keluarga memiliki budaya pengasuhan dan konsep pengasuhan yang diyakini kebenarannya, begitu juga dengan keluarga mandailing. Tujuan penelitian ini untuk melihat lajur perkembangan sosial emosional anak usia dini dengan pengasuhan positif yang diberikan oleh keluarga Mandailing Desa Aek Sipogas Sipabangun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengasuhan yang diterapkan orang tua merupakan pengasuhan demokratis yang menekankan prinsip kasih sayang atau yang disebut dengan holong, menerapkan konsep lima R (Rab, Ringgas, Rim, Ra dan Ro), membangun kemandirian anak, memberikan teladan kepada anak, dan memberikan rasa percaya kepada anak. Pengasuhan positif yang ditanamkan mampu mengembangkan sosial emosional anak dalam hal memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan keadaan lingkungan, memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal atau baru dikenal, mampu mengendalikan perasaan secara wajar dan bersikap toleran kepada orang lain.

References

Abdullah Nashih ‘Ulwan. (2015). Pendidikan Anak Dalam Islam (A. R. Hakim (Ed.)). Al-Andalus.

Ahmad Yani, Ery Khaeriyah, M. U. (2017). Implementasi Islamic Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra At-Taqwa Kota Cirebon. Awlady?: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 153–174. Https://Doi.Org/10.24235/Awlady.V3i1.1464

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–121. Https://Doi.Org/10.21043/Thufula.V5i1.2421

Eli Rohaeli Badria, W. F. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Jurnal Comm-Edu, 1, 1–8.

Handayani, P. A., & Lestari, T. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Dan Pola Pikir Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 6400–6404.

Handika, I. (2020). Strategi Pendidikan Multikultural Di Lingkungan Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Ippemas. Http://Www.E-Journallppmunsa.Ac.Id/Index.Php/Ippemas2020/Article/View/197

Jane Brooks. (2011). The Process Of Parenting (Rahmat Fajar (Ed.)). Pustaka Pelajar.

Kusnadi, S. K., & Agustin, A. (2019). Parental Emotional Coaching Untuk Meningkatkan Gaya Pengasuhan Dan Penerimaan Orang Tua Yang Memiliki Anak Tunarungu. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(2), 148–159. Https://Doi.Org/10.26740/Jptt.V9n2.P148-159

Musi, M. A., Amal, A., & Hajerah. (2015). Pengasuhan Anak Usia Dini Perspektif Nilai Budaya Pada Keluarga Bajo Di Kabupaten Bone. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 18(1), 39–49.

Novita, D., & Budiman, M. H. (2015). Pengaruh Pola Pengasuhan Orangtua Dan Proses Pembelajaran Di Sekolah Terhadap Tingkat Kreativitas Anak Prasekolah (4-5 Tahun). Jurnal Pendidikan, 16(2), 100–109. Https://Doi.Org/10.33830/Jp.V16i2.338.2015

Pujawardani, H. H. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini. Media Nusantara. Http://Ojs.Uninus.Ac.Id/Index.Php/Medianusantara/Article/View/683

Rahma, M. H. R. Dan A. (2020). Orang Tua Multi Etnik Di Kota Tanjung Balai?: Gaya Pengasuhan Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 6, No.

Rahmawati, M., & Samsinar, S. (2021). Peran Wanita Karier Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bone. … -Qayyimah: Jurnal Pendidikan …. Http://Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id/Index.Php/Alqayyimah/Article/View/1567

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.21043/Kr.V6i1.1037

Siregar, A. P. (2023). Peranan Dalihan Natolu Dalam Proses Interaksi Pada Masyarakat Desa Pasar Matanggor Kecamatan Batang Onang. Jurnal Tarombo Pendidikan Sejarah Ipts, 4(1), 40–46.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Dalimunthe, N. ., & P, F. R. . (2023). PENGASUHAN POSITIF KELUARGA MANDAILING DESA AEK SIPOGAS SIPABANGUN DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 547–552. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20142

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.