PENGARUH ECO LABELING DAN GREEN MARKETING MIX TERHADAP GREEN PRODUCT PURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PADA AGRO WISATA ABIAN SALAK DESA SIBETAN, BEBANDEM KAB. KARANGASEM)

Authors

  • Ni Wayan Kiyana Wati Universitas Mahendradatta
  • Anak Agung Elik Astari Universitas Mahendradatta
  • Putu Ari Mulyani Universitas Mahendradatta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20064

Keywords:

Ecolabeling, Green Product, Green Price, Green Place, Green Promotion, and Green Purchase Intention

Abstract

Green marketing kemudian muncul sebagai solusi yang dikembangkan oleh pemasar untuk mendukung terwujudnya green economy dan sustainable economy. Green marketing merupakan salah satu strategi alternatif bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan dan berorientasi keuntungan dengan tetap berwawasan lingkungan. Tujuan akhir dari pemasaran ramah lingkungan adalah menciptakan dua garis dasar; yang pertama untuk keuntungan dan yang kedua untuk tanggung jawab sosial. Sebaliknya konsumen yang menunjukkan tingkat kesadaran lingkungan yang lebih tinggi akan membuat keputusan pembelian terhadap produk ramah lingkungan lebih meningkat dibandingkan dengan produk yang kurang memperhatikan isu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Ecolabeling dan Green Marketing Mix terhadap Green Product Purchase Intention (Studi Kasus pada Agro Wisata Abian Salak Desa Sibetan, Bebandem Kab. Karangasem). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5. Populasi dalam penelitian ini Masyarakat di Karangasem yang pernah berkunjung Agro Wisata Abian Salak Desa Sibetan, Bebandem. Teknik pengambilan datanya menggunakan teknik non probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 140 responden. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji ketepatan model, uji analisis regresi berganda, dan uji t. Uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Sebagai bahan pengumpulan data yang dianalisis dengan bantuan software IBM SPSS Statistik versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ecolabeling, berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention, green product berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention, green price dan green place berpengaruh signifikan terhadap green purchase intention baik secara parsial maupun simultan..

References

Aziz, M. I., Astari, A. A. E., & Indiani, N. L. (2022). Peran Electronic Word Of Mouth Dan Trust Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Masa Pandemi (Pada Objek Wisata Air Terjun Tegenungan). Nusantara Hasana Journal, 2(3), 279-286.

Astari, A., Yasa, N., Sukaatmadja, I., & Giantari, I. G. A. K. (2022). Integration Of Technology Acceptance Model (Tam) And Theory Of Planned Behavior (Tpb): An E-Wallet Behavior With Fear Of Covid-19 As A Moderator Variable. International Journal Of Data And Network Science, 6(4), 1427-1436.

Alharthey, B. K. (2019). Impact Of Green Marketing Practices On Consumer Purchase Intention And Buying Decision With Demographic Characteristics As Moderator. International Journal Of Advanced And Applied Sciences, 6(3), 62–71. Https://Doi.Org/10.21833/Ijaas.2019.03.010

Alrasyid, M. G. (2022). Analisis Pengaruh Niat Beli Konsumen Pada Produk Berlabel Ramah Lingkungan (Studi Penelitian Pada Mahasiswa Umum Di Jawa Tengah) (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Anjani, S., & Perdhana, M. S. (2021). Green Marketing Mix Effects On Consumers’purchase Decision: A Literature Study. Diponegoro Journal Of Management, 10(5).

Bahl, S., & Chandra, T. (2018). Impact Of Marketing Mix On Consumer Attitudeand Purchase Intention Towards “Green” Products. Ethos, 11(45778), 1–11. Https://Www.Academia.Edu/40636233/Ethos_Vol._11_No._1_Jan-June

Cai, Z., Xie, Y., & Aguilar, F. X. (2017). Eco-Label Credibility And Retailer Effects On Green Product Purchasing Intentions. Forest Policy And Economics, 80, 200-208.

Erci?, S., & Çat, A. K. (2016). Green Marketing And The Green Product Buying Behaviors Of Consumers: An Application In Atatürk University M. Serdar Erci? , Atatürk University, Turkey Arzu Kalafat Çat, Atatürk University, Turkey. 59–73.

Febriani, S. (2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Pada Produk Innisfree Di Jakarta Dengan Consumer’s Attitude Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 49–61. Https://Doi.Org/10.24912/Jmbk.V3i1.4925

Herawati, A., & Azis Slamet Wiyono, M. M. (2020). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Dalam Menggunakan Eco Friendly Product (Studi Kasus Pada Sedotan Stainless Steel) (Doctoral Dissertation, Iain Surakarta).

Karunarathna, A. K. ., Bandara, V. ., Silva, A. S. ., & De Mel, W. D. . (2020). Impact Of Green Marketing Mix On Custome Rs’ Green Purchasing Intention With Special Reference To Sri Lankan Supermarkets. 1(1), 127–153.

Khan, E. A., Royhan, P., Rahman, M. A., Rahman, M. M., & Mostafa, A. (2019). The Impact Of Enviropreneurial Orientation On Small Firms’ Business Performance: The Mediation Of Green Marketing Mix And Eco-Labeling Strategies. Sustainability, 12(1), 221.

Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13 (Edisi 13).

Lestiani, E. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product. Bjrm (Bongaya Journal Of Research In Management), 3(2), 07-13.

Munamba, R., & Nuangjamnong, C. (2021). The Impact Of Green Marketing Mix And Attitude Towards The Green Product Purchase Intention Among Generation Y Consumers In Bangkok. Available At Ssrn 3968444.

Novita, D., & Husna, N. (2020). Peran Ecolabel Awareness Dan Green Perceived Quality Pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 85-90.

Rizqiyana, I., & Wahyono, W. (2020). The Influence Of Eco-Brand, Eco-Labelling And Environmental Advertisement On Consumer Purchasing Behavior Through Brand Image. Management Analysis Journal, 9(2), 211-220.

Sabri, N. A. S. A., Mansor, N., & Musa, H. (2020). The Influence Of Green Marketing Mix On Consumer Purchase Intention Towards Green Products. International Journal Of Human And Technology Interaction (Ijhati), 4(1), 89-94.

Sienatra, K. B., & Evani, E. S. (2021). Efek Green Marketing Mix Terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 220-225.

Siddique, M. Z. R., & Hossain, A. (2018). Sources Of Consumers Awareness Toward Green Products And Its Impact On Purchasing Decision In Bangladesh. Journal Of Sustainable Development, 11(3), 9–22. Https://Doi.Org/10.5539/Jsd.V11n3p9

Downloads

Published

2023-10-19

How to Cite

Wati, N. W. K. ., Astari, A. A. E. ., & Mulyani, P. A. . (2023). PENGARUH ECO LABELING DAN GREEN MARKETING MIX TERHADAP GREEN PRODUCT PURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PADA AGRO WISATA ABIAN SALAK DESA SIBETAN, BEBANDEM KAB. KARANGASEM). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 438–444. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20064