PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSINBILITY (CSR) DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DI PT PEGADAIAN DENPASAR WILAYAH VII

Authors

  • Ade Prastiyo Putra Universitas Mahendradatta
  • Anak Agung Elik Astari Universitas Mahendradatta
  • Putu Ari Mulyani Universitas Mahendradatta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20756

Keywords:

Corporate social responsibility (CSR), Persepsi Konsumen, Citra Perusahaan, Pegadaian Denpasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan persepsi konsumen secara parsial dan simultan terhadap citra Perusahaan (Studi kasus CSR PT Pegadaian Denpasar). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menerima program CSR PT Pegadaian Denpasar wilayah VII. Sampel dalam penelitan ini menggunakan dengan purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 responden. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan angket (kuesioner), wawancara dan observasi. Data kuesioner yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda (multiple regression) dengan program SPSS 23 for Windows. Hasil analisis menujukkan bahwa Corporate social responsibility (CSR) danp ersepsi konsumen secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan PT Pegadaian Denpasar wilayah VII. Hal ini berarti bahwa semakin baik pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) dan semakin baik persepsi konsumen maka citra perusahaan PT. Pegadaian Denpasar wilayah VII tersebut akan semakin meningkat.

References

Amin, F. F., & Rahmadi, A. (2023). The Effect Of Corporate Social Responsibility On Corporate Image Of PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang (Study of the Kamojang Regional Communities). International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 23-30.

Fadillah, N. (2019) Pengaruh Citra Merek Dan Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Pada Mahasiswa UMSU (Doctoral dissertation).

Firmansyah, A. F. (2018). Pengaruh Persepsi Program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Citra Perusahaan PT. Petrokimia Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010) Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Munzir, M., Rini, T. H. C., & Aziz, M. (2021). Implementasi CSR terhadap Citra Perusahaan. Balance Vocation Accounting Journal, 5(1), 1-11.

Nurjanah, R., & Mulazid, A.S.(2018) Pengaruh kualitas pelayanan dan Corporate Social Responsibility terhadap citra Perusahaan. Jurnal Muqtasid, 9(1), 40-53.

Oscar, B., & Gianina, M. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONCIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN JNE CABANG UTAMA PURWAKARTA. Pro Mark, 11(1), 10-10.

Pitaloka, R., & Budiwitjaksono, G.S. (2022) Pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility terhadap persepsi Masyarakat dan dampaknya terhadap citra Perusahaan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi & Akutansi), 6(1), 310- 314.

Prasetio, A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Empiris Pada Perusahaan PT. Asia Menara Perkasa, Lampung). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), 689-696

Pramana, I. M. A. A., & Kusuma, A. G. A. A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Perilaku Word of Mouth Positif Dan Citra Merek Aqua (Doctoral dissertation, Udayana University).

Ramadhani, G. R. (2017). Model Pembentukan Persepsi Konsumen Terhadap Citra Perusahaan Berdasarkan Strategi Aliansi Pada PT. Garuda Indonesia, Tbk. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

Romadhoni, S., Wilopo, W., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Citra Perusahaan Survey Pada Konsumen PT Pegadaian Cabang Malang Kantor Blimbing (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Suroya, A. R., & Lestari, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Citra Perusahaan Garuda Indonesia Pasca Munculnya Vlog Rius Vernandes. eProceedings of Management, 7(2).

Sutikya, T.C.A., & Sesario,R. (2021) Penerapan Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap citra perusahaan di Kabupaten Bengkayang. Vokasi : Jurnal publikasi ilmiah 16(2),105-110.,5(2).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Putra , A. P. ., Astari, A. A. E. ., & Mulyani, P. A. . (2023). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSINBILITY (CSR) DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DI PT PEGADAIAN DENPASAR WILAYAH VII . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1272–1280. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20756

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.