HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN ANDRAGOGI TRAINER DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DI UNIVERSITAS

Authors

  • Sandra Ivonnie Telussa Universitas Pattimura Ambon
  • Trisna Rukhmana STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Mohammad Iskandar Dzulkurnain Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rian Novita Universitas Adiwangsa Jambi
  • Djuniawan Karna Djaja Universitas Gunung Kidul
  • Olivia Tahalele Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19313

Keywords:

Andragogi Trainer, Public Speaking, Universitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara penggunaan pendekatan andragogi trainer dengan motivasi belajar peserta pelatihan public speaking di lingkungan universitas. Pendekatan andragogi trainer mengacu pada strategi pembelajaran yang berfokus pada karakteristik dan kebutuhan peserta dewasa, sementara motivasi belajar menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada peserta pelatihan public speaking di beberapa universitas. Kuesioner ini mengukur pengalaman penggunaan pendekatan andragogi trainer oleh instruktur pelatihan serta tingkat motivasi belajar peserta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik seperti korelasi dan regresi untuk menentukan apakah terdapat hubungan signifikan antara pendekatan andragogi trainer dan motivasi belajar peserta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang sejauh mana penggunaan pendekatan andragogi trainer dapat memengaruhi motivasi belajar peserta pelatihan public speaking di lingkungan universitas. Implikasi dari hasil ini dapat berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk peserta dewasa, khususnya dalam konteks pelatihan berbicara di depan umum. Penelitian ini juga dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam menggali faktor-faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar peserta dewasa dalam konteks pendidikan tinggiTop of Form.

References

Halimah, H., Lustyantie, N., & Ibrahim, G. A. (2018). Studentsâ€Tm perception on the implementation of orai application in cll method in teaching speaking. Jeels (Journal of English Education And Linguistics Studies), 5(1), 1–22.

Hidayat, M. F. (2022). Pembelajaran akhlak materi “sekelumit akhlak nabi” dengan metode jigsaw untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 302– 311.

Indriyani, N. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas vii pada konsep about public places melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 46–51.

Laila, F., Prasetyorini, P., & Kurniasih, K. (2022). Implementation of jigsaw coopertaive learning and gallery walk based on practices to develop science process skills and sscientific attitude of students. Jsep (Journal of Science Education and Practice), 5(1), 28–42.

Maknun, L. (2020). The implementation of orai as artificial intelligence for digital native students in english speaking learning. Itell (Indonesia Technology Enhanced Language Learning), 1(1), 131–138.

Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 1(2), 78–79.

Melasarianti, L. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode debat plus pada mata kuliah berbicara. Jurnal Lingua Idea, 9(1), 23–28.

Nugrahani, D., Kustantinah, I., & Larasati, I. (2012). Peningkatan kemampuan public speaking melalui metode pelatihan anggota forum komunikasi remaja islam. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1–6.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 1–10.

Pramita, M., Mahardika, A. I., & Sukmawati, R. A. (2021). Optimalisasi penggunaan facebook untuk pengelolaan kelas dalam jaringan (daring) pada masa pandemi covid 19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 167–173.

Pramita, M., Sukmawati, R. A., & Wiranda, N. (2022). Motivation and learning media: How do they affect mathematics learning outcomes after the covid-19 pandemic? Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 153–164.

Pratiwi, E., Nusantara, T., Susiswo, S., & Muksar, M. (2020). Textual and contextual commognitive conflict students in solving an improper fraction. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 8(2), 731–742

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Telussa, S. I. ., Rukhmana, T. ., Dzulkurnain, M. I. ., Novita, R. ., Djaja, D. K., & Tahalele, O. . (2023). HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN PENDEKATAN ANDRAGOGI TRAINER DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DI UNIVERSITAS . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 710–716. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19313

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2