PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Authors

  • Lutfi Rohmawati STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
  • Poy Saefullah Zevender STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19307

Keywords:

Metode Mind Mapping, Pemahaman Konsep.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode Mind Mapping dalam materi Pendapatan Nasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Menggunakan dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Mind Mapping dan kelas lain sebagai kelas kontrol tidak menggunakan metode Mind Mapping (Konvensional). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk esai sebanyak 7 item untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa dan angket untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping. Analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil analisis data diperoleh peningkatan averange dalam konsep pemahaman kelas eksperimen 0,75 dan kelas kontrol 0,72. Uji hipotesis menggunakan uji-t dan data posttest diperoleh skor tobs = 10.988 dan tcorect = 1.658. Karena t> t, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa ada perbedaan dalam peningkatan konsep pemahaman siswa dalam mengembangkan dan membuat Mind Mapping saat proses pembelajaran dengan yang tidak menggunakan metode Mind Mapping. Berdasarkan nilai rata-rata dan tes sehingga dapat diartikan penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pendapatan nasional.

References

Anderson, Lorin dkk. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dahar, Ratna Wilis. 2018. Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga.

Joyce, Bruce et all. 2009. Metodes of Teaching Metode – Metode Pengajaran Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rustaman, Nuryani. 2015. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Rohmawati, L. ., & Zevender, P. S. . (2023). PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 466–470. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19307