PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI UPAYA BAGSA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19051Keywords:
Development, Learning Media, PowtoonAbstract
Artikel ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan disekolah yaitu hanya terpaku pada media pembelajaran seperti media Lembar Kerja Siswa (LKS), media power point, dan media buku cetak. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga bisa membantu peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan aplikasi powtoon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering di sebut Research and Development (R & D) adalah sebuah metode dalam penelitian yang menghasilkan serta menguji keefektifan dari suatu produk. Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evalue). Hasil dari penelitian ini yaitu, validasi ahli media diperoleh persentase 86%, ahli materi diperoleh persentase 82%, dan ahi bahasa diperoleh persentase 84% dan memperoleh hasil akhir 84% dengan kriteria sangat valid. Media pembelajaran juga diuji kepraktisannya oleh guru dan peserta didik. Pada uji coba media pembelajaran oleh guru diperoleh persentase 88% dan peserta didik diperoleh persentase 91% dan memperoleh hasil akhir total 90% dengan kriteria sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran sejarah.References
Ferdiansyah, Randa, Z., & Meldawati. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X Sma Negeri 2 Tilatang Kamang Pada Peradaban Awal Di Kepulauan Indonesia menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik. 4(2), 193–200.
Prawesti, D. N., Husnita, L., & Meldawati. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Spinning Wheel Game Berbantuan Power Point Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMAN 19 Tebo. 06(01), 7928–7935.
Ulva, F., Husnita, L., & Kaksim. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemirincing Dalam Meningkatkan Aktivitas Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMAN 1 Mukomuko. 7(2), 352–361.
Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi
Felia, F., Husnita, L., & Meldawati, M. (2022). Media Ludo Game Sejarah (Lugas) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Kelas X Mipa 1 Sman 13 Padang. Puteri Hijau : Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 244. https://doi.org/10.24114/ph.v7i2.37369
Irzanadilla, L. (2021). Pengaruh pengembangan media pembelajaran powtoon berbasis audiovisual terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI. 11–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yola Anjani, Meldawati Meldawati, Kaksim Kaksim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.