PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATERI LAY UP SHOOT BOLA BASKET DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.18839Keywords:
Media Pembelajaran, Video Tutorial, Lay Up ShootAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran video tutorial lay up shoot bola basket di sekolah menengah atas. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Mempawah Hilir dengan partisipan 72 orang siswa kelas XI, melibatkan dua orang validator ahli desain,dua orang ahli media, dan dua orang ahli materi pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Data dari instrumen kuesioner dan respon siswa dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Secara keseluruhan, dari hasil analisis data validasi ahli dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata 4,47. Hasil analisis uji empiris dengan uji perorangan, kelompok kecil, dan uji lapangan pada 42 siswa menyatakan media “sangat valid” dan siap untuk digunakan dalam pembelajaran, dengan rata-rata 3,3. Profil video tutorial memiliki durasi 20 menit 31 detik terdiri dari tampilan pembuka, pemanasan, penjelasan lay up shoot, gerakan lay up shoot, pendinginan dan penutup. Dari hasil pretest dan posttest yang melibatkan 30 orang siswa, hasil perhitungan uji t mendapatkan nilai 0,001 yang berarti nilai signifikansi <0,05, sehingga kesimpulannya adalah terdapat perbedaan dari hasil pretest dan posttest. Dari perhitungan effect size mendapatkan nilai 1,80 dengan kategori strong. Berdasarkan hasil diatas, maka media video tutorial lay up shoot yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran PJOK di SMA.References
Branch. (2009). Instructional Design?: The ADDIE Approach. Springer.
Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portopolio. Genesindo.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85.
Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852.
Hasyim, N., Muhajir, S. P., & Suharto, S. P. (2022). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/SMK/MA dan sederajat Kelas XI. Elex Media Komputindo.
Imran, I., Okianna, O., Ramadhan, I., Al Hidayah, R., Ismiyani, N., Prancisca, S., ... & Solidah, S. N. (2022). Penerapan Literasi Berbasis IT dalam Pembelajaran Melalui Media E-Book di SMPN 7 Sungai Raya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5018–5020.
Krismanto, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Gerak Dasar Tenis Lapangan Untuk Anak Sekolah Dasar. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1(5).
Mapicayanti, D., Jamaludin, J., & Fathoni, A. (2018). Perancangan media pembelajaran berbasis video tutorial mendesain jaringan lokal/LAN kelas X TKJ. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 59–65.
Mertayasa, K., Rahayu, S., & Soenyoto, T. (2016). Metode latihan plyometrics dan kelentukan untuk meningkatkan power otot tungkai dan hasil lay up shoot bola basket. Journal of Physical Education and Sports, 5(1), 24–31.
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 88–99.
Ramadhan, I., Wiyono, H., Adlika, N. M., Firmansyah, H., & Purnama, S. (2022). Strategi Mempersiapkan dan Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas Selama Masa Pendemi Covid-19 di SMA. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5213–5227.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352
Winataputra. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Tebuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Garciac Febrianto, Eny Enawaty, Warneri Warneri, Indri Astuti, Uray Salam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.