PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATERI RIAS KARAKTER HOROR DI SMAN 1 MEMPAWAH HILIR

Authors

  • Endah Panca Utami Universitas Tanjungpura
  • Aunurrahman Aunurrahman Universitas Tanjungpura
  • Warneri Warneri Universitas Tanjungpura
  • Indri Astuti Universitas Tanjungpura
  • Uray Salam Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.18837

Keywords:

Media Pembelajaran, Rias Karakter Horror, Seni Budaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial rias karakter horor di SMAN 1 Mempawah Hilir. Untuk mencapai tujuan ini peneliti perlu mendesain pengembangan produk video tutorial, mendeskripsikan profil video tutorial dan menguji efektivitas produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Dick and Carey. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Mempawah Hilir. Produk penelitian ini divalidasi oleh 6 validator ahli yang terdiri dari 2 orang validator ahli desain, 2 orang validator ahli media, dan 2 orang validator ahli materi. Data dari instrumen kuesioner dan respon siswa dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Aspek desainnya dinyatakan valid dengan rata-rata Aiken’V keseluruhannya 0,88. Medianya dinyatakan valid dengan rata-rata Aiken’V0,96. Materinya dinyatakan valid dengan rata-rata Aiken’V 0,94. Nilai rata-rata uji coba perorangan sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata uji coba kelompok kecil sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata uji coba lapangan respon siswa sebesar 94% dengan kategori sangat baik. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon diperoleh nilai sebesar 0,000 yang berarti nilai < 0,05. Kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan video tutorial. Perhitungan Effect Size menunjukkan nilai 2,3 termasuk dalam kategori Strong effect. Dari hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video tutorial rias karakter  horor memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran Seni Budaya pada materi rias karakter horor SMAN 1 Mempawah Hilir.

Author Biography

Warneri Warneri, Universitas Tanjungpura

\

References

Baihaqi, A. S. (2023). Positioning Brand Melalui Unsur Budaya (Analisis Semiotika Iklan Rucika Versi Mengalir Bersama Budaya Indonesia). Universitas Muhammadiyah Malang.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction Eight Edition. The United States of America: Pearson.

Habibah, L. F., & Nurlaela, L. (2018). Pemanfaatan Video Tutorial Rias Wajah Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Merias Wajah Bagi Siswa Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 1 Sooko.

Husna, M., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 34–41.

Kusuma, Y. Y., & Sumianto, S. (2022). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 35–39.

Mardiyanti, L. R., Imran, I., Ramadhan, I., Asriati, N., Al Hidayah, R., & Suriyanisa, S. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Media Google Classroom. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5814–5821.

Marlina, I. (2013). Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Teknologi Produksi Melalui Penggunaan Teknik Cloze Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Semester II SDNegeriI Cibanteng Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Muhtar, T. (2014). Analisis Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Aspek Nilai Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 168–175.

Purwaningsih, E., Ulfah, M., Kuswanti, H., & Ramadhan, I. (2022). Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Melalui Desain Pesan Pembelajaran Bagi Guru di Daerah Perbatasan Kabupaten Bengkayang. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6758–6762.

Ramadhan, I., Hardiansyah, M. A., Firmansyah, H., Ulfah, M., Syahrudin, H., & Suriyanisa, S. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas: Strategi Pembelajaran Di Smp Swasta Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 316–326.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Sihombing, E. J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Seni Musik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Doloksanggul. UNIMED.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108–115.

Wiyono, H., Firmansyah, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Purnama, S., Budiman, J., ... & Febrianti, U. R. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru Mgmp Ips Kabupaten Mempawah. Abdimas Galuh, 5(1), 183–191.

Downloads

Published

2023-10-14

How to Cite

Utami, E. P., Aunurrahman, A., Warneri, W., Astuti, I., & Salam, U. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATERI RIAS KARAKTER HOROR DI SMAN 1 MEMPAWAH HILIR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 303–313. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.18837