PENERAPAN METODE AT-TARTIL MADARASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA TANJUNG ANOM BULUREJO DIWEK JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18662Keywords:
Madarasah Ibtidaiyah; Metode At-Tartil; Pendidikan Al-Qur’an.Abstract
Metode At-Tartil sering digunakan dalam belajar membaca Al-Quran secara lansung. Mempraktikkan pembacaan tartil sesuai dengan aturan ulumut tajwid dan ulumul ghorib. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang keduanya menerima proses perlakuan pembelajaran yang sama dalam hal konten, tujuan dan bahan ajar. MI Miftahul Huda Tanjung Anom Bulurejo Diwek Jombang menggunakan sistem klasikal penuh dan evaluasi secara individu, evaluasi harian maupun evaluasi kenaikan, Serta bacaan peserta didik sudah terlihat baik. Baik dilihat dari Makhorijul hurufnya, maupun ulumut tajwidnya dan sifatul hurufnya. Dari hasil analisis diperoleh nilai t-hitung 12,205 dan nilai t table sebesar 1,241. Ini berarti bahwa t hitung> t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan, dengan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode At-Tartil sangat efektif dalam pembelajaran siswa di Madarasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda Tanjung Anom Bulurejo Diwek Jombang.References
Hasan, M.S. (2022) ‘Komparasi Hasil Belajar Fiqih Qur-any antara Siswa Lulusan SD dengan MI Kelas VII C di MTs Al-Urwatul Wutsqo Jombang’, Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), pp. 206–218. Available at: https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i2.605.
Hasan, S. and Wahyuni, T. (2018) ‘Kontribusi Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Secara Tartil’, Al-I’tibar?: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), pp. 45–54. Available at: https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.317.
Ipastion, I. and Khadijah, K. (2019) ‘Penerapan Metode Tartil dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMKN I Gunung Talang’, Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), pp. 89–100. Available at: https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.332.
Khusnul Aulyah, S. (2021) ‘Implementasi Manajemen Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Al-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di SDN Kepanjen 2 Jombang’, Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1), pp. 496–512.
Magdalena, I. et al. (2021) ‘Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04’, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), pp. 150–165.
Triaristinaa, A. et al. (2022) ‘Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Karakter Bagi Guru Sekolah Dasar’, Indonesia Berdaya, 3(3), pp. 699–706. Available at: https://doi.org/10.47679/ib.2022284.
Zahiq, M. (2018) ‘Manajemen Kaderisasi Guru Al-Qur’an untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang’, Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), pp. 52–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shofwatal Qolbiyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.