PENGEMBANGAN MADRASAH ALIAH PADA YAYASAN PENDIDIKAN MA’ARIF SUMBER AGUNG OKU TIMUR DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Marliat Marliat STIT NU Sumber Agung OKU Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17916

Keywords:

Pengembangan Madrasah Aliah, Globalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak adanya globalisasi terhadap Madrasah Aliah di Yayasan Pendidikan Ma’arif Sumber Agung OKU Timur sebagai Madrasah yang memiliki impian membentuk siswa yang Berilmu Amaliyah dan Beramal Ilmiah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber-sumber yang terkait seperti buku, jurnal dan artikel yang terkait dengan penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini adalah globalisasi memberikan dampak yang positif dan juga negatif bagi Madrasah Aliah di Yayasan Pendidikan Ma’arif Sumber Agung OU Timur. Untuk menghadapinya, maka perlu pengembangan Madrasah melalui aspek yaitu penyesuaian visi Madrasah di era globalisasi, Peningkatan kualitas guru, Pembelajaran student centered learning, tinjauan kurikulum yang sesuai dengan era, pemenuhan sarana dan prasarana, membuka kelas Internasional atau Madrasah Internasional, penjaminan mutu pendidikan, profesionalisme pimpinan, pendanaan pendidikan dan peran serta masyarakat.

References

Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional (Rekonstruksi Dan Demokratisasi). Jakarta: Buku Kompas.

Barqy, A. A. A.-. 2015. Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di kementerian agama kota malang. Tesis, 1–230.

Bashori, B. 2017. Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra. Nadwa. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1881

Furchan, A. 2014. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia: Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI. Yogyakarta: Gama Media.

Hayati, Nur Rohmah. 2015. Manajemen Pesantren Dalam Menghadapi Dunia Global. Tarbawi Vol. 1, no. No. 02 Juli 2015.

Indah, Ariski Nuril. 2018. Tantangan dan Solusi Bagi Madrasah dan Pesantren Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Tarbiyah wa Ta’lim Vol. 5 No.1,Maret 2018.

Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Luthfia Yuli Kurniawan, 2018. Konsep Dasar Pembiayaan Pendidikan. Universitas Negeri Padang Indonesia.

Pudjiastuti, S. R. 2020. Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 03(01), 1–5.

Putra, P., & Aslan. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Imtaq Dan Iptek Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Mata Pelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. Ta’limuna, 9(1), 143–147.

Sanusi, U. 2013. Pembelajaran Dengan Pendekatan Humanistik (Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan). Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 11(2), 123–142. Retrieved from www.PendidikanNetwork.co.

Shulhan, Muwahid dan Soim. 2013. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Wasiah. 2023. Konsep Pengembangan Lembaga Pendidikan Madrasah Era Globalisasi. Pijar Vol. 1, No. 2, April 2023,pp.177-178.

Wendy Sepmady Hutahaean, 2021. Filsafat dan Teori Kepemimpinan. Ahlimedia Press:Malang.

Yahya, Murip. 2014. Eksistensi Madrasah Menghadapi Globalisasi. Risalah, Vol 1, No.1 Desember 2014.

Zainuddin. 2021. Madrasah: Sejarah dan Dinamikanya. At-Tafkir Vol.14, No. 1, Tahun 2021.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Marliat, M. (2023). PENGEMBANGAN MADRASAH ALIAH PADA YAYASAN PENDIDIKAN MA’ARIF SUMBER AGUNG OKU TIMUR DI ERA GLOBALISASI . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 186–193. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17916