URGENSI PENDIDIKAN ISLAM DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Lilis Malihatul Badriyah Universitas Islam Lamongan
  • M. Wahid Universitas Islam Lamongan
  • A. Zakiyatul Fuadi Universitas Islam Lamongan
  • M. Fathun Niam Universitas Islam Lamongan
  • Nur Iftitahul Husniyah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.17532

Keywords:

Pendidikan Islam, Psikologi Pendidikan

Abstract

Pendidikan Islam adalah Proses transfer pengetahuan dan nilai Islam kepada peserta didik melalui upaya pengajaran, pembiasaan, bimbingan, pengasuhan, pengawasan dan pengembangan potensinya. Psikologis secara singkat dapat didefinisikan studi tentang tingkah laku dan hubungan antar manusia. Kelakuan seorang individu tidak saja terdiri atas perbuatan-perbuatan yang dapat dilihat akan tetapi adalah semua reaksi terhadap semua keadaan didalam dan pengaruh dari berbagai faktor lingkungan Pendidikan Islam dan Psikologi sangat erat kaitannya, karena ketika pendidikan Islam itu berlangsung tanpa dibarengi dengan psikologi maka hasil  dari pendidikan itu kurang maksimal. Psikologi membantu seseorang bagaimana ia mampu memahami antar sesama, mengetahui karakter dan mampu memberikan jalan keluar sehingga permasalahan dapat terpecahkan, dan wujud dari hasil pendidikan Islampun tercapai.

References

al-Attas, Muhammad Naquib, Konsep Pendidikan Dalam Islam. Bandung: Mizan, 1988.

al-Maraghy, Ahmad Musthafa, Tafsir alMaraghy, juz V, Beirut: Daar alFikr, 1871.

Al-Thabary, Abu Ja’far Muhammad Ibn Jaris, Jami’ul Bayan ‘an Ta’wil ayat al-Qur’an, Beirut: Dar al-Fikr, 1988

Bawani, Imam, Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya: Bina Ilmu Offset,1991.

Daradjat Zakiah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta :Bumi Aksara.2016.

Hawwa, Said, Almustakhlash Fii Tazkiyatil Anfus, alih bahasa oleh: Ainur Rafiq Shaleh Tahmid, Mensucikan Jiwa: Konsep Tazkiyatun Nafs Terpadu, Jakarta, Robbani Press, 1999.

Heri Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2008.

Kasijan, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu, 1984.

M. Thalib, Pendidikan Islam Metode 30 T, Bandung: Irsyad Baitus Salam, 1996.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Iskam Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Nata Abudin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 1998

Putra, Haidar Daulay. Pemberdayaan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Qutub, Sayyid, Tafsir Fi Dzilalil Quran, Bairut Lubnan: hya Al-Turats Al-Arabi, 1967.

Rusiadi, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Sedaun, 2012. Cet. Ke 2

Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2003

Zain, Al Habib bin Ibrahim Bin Sumaith, AlManhaj AlSAWi, Jakarta: Darul Ilmi Wad Da’wah, 2006.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Badriyah, L. M. ., Wahid, M. ., Fuadi, A. Z. ., Niam, M. F. ., & Husniyah, N. I. . (2023). URGENSI PENDIDIKAN ISLAM DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.17532