UPAYA PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH PRAKTEK BATU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1691Keywords:
Problem Based Instruction, kemandirian, keaktifanAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian disamping ketuntasan belajar mahasiswa. Penelitian berlangsung di prodi Pendidikan Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli selama enam bulan efektif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Bangunan Semester IV yang mengikuti mata kuliah Praktek Batu sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau lesson study. Data dikumpulkan melalui observasi objek, portofolio pengerjaan tugas dan angket. Berdasar hasil analisis penelitian menunjukan bahwa model PBI dapat diterapkan pada mata kuliah Praktek Batu. Kegiatan pembelajaran PBI, telah berhasil meningkatkan kemandirian dalam mengkonstruksi pengetahuannya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar, keaktifan mahasiswa mengalami peningkatan walaupun tidak signifikan, dan ketuntasan belajar mahasiswa tercapai yang ditunjukkan tidak hanya dari hasil belajar, tetapi juga proses pembelajaran sudah terpusat pada mahasiswa (student centered). Pembelajaran Problem Based Instruction yang dilaksanakan, menurunkan jumlah mahasiswa dari 66% menjadi hanya 43% yang mempunyai score di bawah rata-rata kelas dan meningkatkan nilai rerata hasil belajar dari 64,8 menjadi 76,75.References
Agustin, V. N (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Journal of Elementary Education, 2(1):1-9.
Anis, Y. W (2017). Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Ips Menggunakan Model Discovery Learning Di Kelas VIII SMP. Jurnal Educatio, 3(2), 15-24.
Annisa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal. 2(1): halaman 1-7.
Arikunto, S., dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dakhi, O. (2013). Aplikasi Pendeteksian Kerusakan File Akibat Virus Dengan Menggunakan Metode Heuristic. Pelita Informatika, 4(1), 35-41.
Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, Ishak. (2020). Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science, 1(8), 50-65.
Fajra, M., Suparno, Sukardi, Ambiyar, Novalinda, R. (2020). Project-Based Learning Innovation To Improve The Suitability Of Productive Competencies In Vocational School With The Needs Of The World Of Work. International Journal Of Multi Science, 1(8), 1-11.
Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Smk Kelas XII Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103-108.
Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, Vol.6 No.1, 90-96, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan(diakses 5 April 2018). https://doi.org/10.37081/ed.v6i1.668
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pem-belajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa. 2 (2):368-388.
Telaumbanua, A. (2020). Kontribusi Persepsi Siswa Tentang Sekolah Menengah Kejuruan dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Hiliserangkai. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(1):1-9. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/80
Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139
Zagoto, Maria M., Nevi Yarni & Dakhi, O (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.
Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.