Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP N 1 Rao Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9994Abstract
Fakta bahwa siswa kelas IX di SMP N 1 Rao Selatan tidak menggunakan media pembelajaran apapun untuk membantu mereka belajar matematika memberikan bukti bahwa siswa yang berpartisipasi dalam proses pembelajaran tampak lebih pasif dan kurang motivasi. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menyiasatinya. Salah satu cara belajar tersebut adalah melalui media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Rao Selatan dipengaruhi oleh media pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan rancangan static group comparison design. Penelitian ini mengikutsertakan seluruh siswa IX SMP N 1 Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, serta sampel siswa IX.6 dan IX.7. Angket (Kuesioner) merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Uji t digunakan sebagai metode analisis data. H_0 diterima karena t_hitung = 0,00032 dan t_tabel = 1,703 merupakan hasil analisis. Sejak 0,00032 1,703,Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX SMP N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman yang mengikuti pembelajaran melalui media pembelajaran memiliki tingkat motivasi belajar yang sama dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional tahun ajaran 2022/2023Downloads
Published
2022-12-09
How to Cite
Yani, F. H. ., Fitri, H. ., Rusdi, R., & Rahmat, T. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP N 1 Rao Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10093–10099. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9994
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitra Handa Yani, Haida Fitri, Rusdi, Tasnim Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).