Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP N 1 Rao Selatan

Authors

  • Fitra Handa Yani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Tasnim Rahmat Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9994

Abstract

Fakta bahwa siswa kelas IX di SMP N 1 Rao Selatan tidak menggunakan media pembelajaran apapun untuk membantu mereka belajar matematika memberikan bukti bahwa siswa yang berpartisipasi dalam proses pembelajaran tampak lebih pasif dan kurang motivasi. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini. Untuk itu diperlukan strategi pembelajaran yang dapat menyiasatinya. Salah satu cara belajar tersebut adalah melalui media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas IX SMP N 1 Rao Selatan dipengaruhi oleh media pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan rancangan static group comparison design. Penelitian ini mengikutsertakan seluruh siswa IX SMP N 1 Rao Selatan, Kabupaten Pasaman, serta sampel siswa IX.6 dan IX.7. Angket (Kuesioner) merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Uji t digunakan sebagai metode analisis data. H_0 diterima karena t_hitung = 0,00032 dan t_tabel = 1,703 merupakan hasil analisis. Sejak 0,00032 1,703,Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IX SMP N 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman yang mengikuti pembelajaran melalui media pembelajaran memiliki tingkat motivasi belajar yang sama dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional tahun ajaran 2022/2023

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Yani, F. H. ., Fitri, H. ., Rusdi, R., & Rahmat, T. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP N 1 Rao Selatan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10093–10099. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9994

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>