Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Abad 21 melalui Metode Puzzle dan Role Play

Authors

  • Siti Nur Hidayati Universitas Panca Marga
  • Anifatur Rizqiyah Universitas Panca Marga
  • Nadya Dwi Luckita Universitas Panca Marga
  • Eka Nurhayati Universitas Panca Marga
  • M. Syarifudin Universitas Panca Marga
  • Ani Anjarwati Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9607

Abstract

Penerapan metode pembelajaran yang kurang kreatif mengakibatkan kurangnya efektivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membuat metode puzzle dan role-playing mengenai siklus hidup hewan di kelas IV SDN Mangunharjo 7 Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas empat untuk tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan total 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, metode wawancara, dan metode penyebaran kuesioner atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 77,5%. Capaiannya masih dalam kriteria baik. Namun pada siklus 2 hasil pengamatan belajar siswa memperoleh persentase implementasi hampir 100%, yang merupakan kriteria yang sangat baik. Untuk pencapaian 95%. Dari hasil tersebut, pelaksanaan pembelajaran pada siklus II mencapai 100%, yang memiliki kriteria sangat baik sesuai indikator keberhasilan. Berdasarkan hasil tersebut, untuk siklus II kegiatan pembelajaran dikatakan berhasil.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Hidayati, S. N. ., Rizqiyah, A. ., Luckita, N. D. ., Nurhayati, E. ., Syarifudin, M. ., & Anjarwati, A. . (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Abad 21 melalui Metode Puzzle dan Role Play. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7887–7893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9607