Implementasi Model Problem Solving Melalui Media Mading Wishes Dalam Meningkatkan Karakter Bertanggung Jawab Siswa SD Namira Pada Abad 21

Authors

  • Ani Anjarwati Universitas Panca Marga
  • Endah Novita Sari Universitas Panca Marga
  • Farah Sayu Athilah Universitas Panca Marga
  • Siti Fatimah Universitas Panca Marga
  • Tiara Putri Charisa Universitas Panca Marga
  • Maulidia Khoiry Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11584

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran di SD Namira untuk menanamkan karakter bertanggung jawab pada diri anak menjadi salah satu alasan penelitian ini dilakukan. Untuk membentuk karakter siswa peran guru dibutuhkan termasuk dalam memanfaatkan berbagai media.Tujuan penelitian membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab melalui media mading wishes menggunakan model problem solving. Teknik pengumpulan data melalui penelitian kualitatif menggunakan metode penelitian survei dan observasi. Berdasarkan hasil survei yang telah dilaksanakan di kelas V SD Namira dari total siswa sebanyak 19 anak, hanya 15 siswa yang mampu untuk bertanggung jawab. Implementasi mading wishes siswa kelas 5 abad 21 memberikan dampak positif dalam meningkatkan karakter bertanggung jawab.

Downloads

Published

2023-01-15

How to Cite

Anjarwati, A. ., Sari, E. N. ., Athilah, F. S. ., Fatimah, S. ., Charisa, T. P. ., & Khoiry, M. . (2023). Implementasi Model Problem Solving Melalui Media Mading Wishes Dalam Meningkatkan Karakter Bertanggung Jawab Siswa SD Namira Pada Abad 21. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3588–3594. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11584

Most read articles by the same author(s)