Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Kedungdalem II
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11775Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan sadar dan terproyeksi dalam rangka terwujudnya kegiatan pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik dengan aktif meningkatkan kemampuan pribadinya agar terciptanya peserta didik dengan tingkat religiusitas, kontrol terhadap diri sendiri, personalitas, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dibutuhkan peserta didik, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peningkatan kapabilitas berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Kedungdalem II dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry , Penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam penelitian kuantitatif menggunakan sampel penelitian siswa kelas V SDN SDN Kedungdalem II. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis berupa 25 buah soal essay. Hasil analisis membuktikan bahwa, kapabilitas berpikir kritis siswa pada pretest mencapai 44,8% (kurang kritis), meningkat pada post test mencapai 80% (kritis). Artinya siswa menjadi kritis setelah digunakan model pembelajaran guided inquiry.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Rizky, P. N. ., Ramadhani, M. I. ., Zaidan, M. F. ., Fitria, K. ., Irawati, I. ., & Anjarwati, A. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Kedungdalem II. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4931–4937. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11775
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Pangestu Nur Rizky, Miri Indah Ramadhani, Muhammad Farhan Zaidan, Kholifatul Fitria, Ika Irawati, Ani Anjarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).