Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Kedungdalem II

Authors

  • Pangestu Nur Rizky Universitas Panca Marga
  • Miri Indah Ramadhani Universitas Panca Marga
  • Muhammad Farhan Zaidan Universitas Panca Marga
  • Kholifatul Fitria Universitas Panca Marga
  • Ika Irawati Universitas Panca Marga
  • Ani Anjarwati Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11775

Abstract

Pendidikan merupakan kegiatan sadar dan terproyeksi dalam rangka terwujudnya kegiatan pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik dengan aktif meningkatkan kemampuan pribadinya agar terciptanya peserta didik dengan tingkat religiusitas, kontrol terhadap diri sendiri, personalitas, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dibutuhkan peserta didik, masyarakat, bangsa dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang peningkatan kapabilitas berpikir kritis pada siswa kelas V SDN Kedungdalem II dengan menggunakan metode pembelajaran guided inquiry , Penelitian yang dilaksanakan termasuk dalam penelitian kuantitatif menggunakan sampel penelitian siswa kelas V SDN SDN Kedungdalem II. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis berupa 25 buah soal essay. Hasil analisis membuktikan bahwa, kapabilitas berpikir kritis siswa pada pretest mencapai 44,8% (kurang kritis), meningkat pada post test mencapai 80% (kritis). Artinya siswa menjadi kritis setelah digunakan model pembelajaran guided inquiry.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Rizky, P. N. ., Ramadhani, M. I. ., Zaidan, M. F. ., Fitria, K. ., Irawati, I. ., & Anjarwati, A. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Kedungdalem II. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4931–4937. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11775