Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Aplikasi Ruang Guru Pada Siswa Sdn Mayangan 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11776Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih belum mencapai target dalam mata pelajaran IPA. Hal ini bisa disebabkan oleh peserta didik yang kurang berperan aktif dan kurangnya kerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran IPA menggunakan aplikasi ruang guru pada siswa kelas III SDN Mayangan 1. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, penelitian ini menggunakan subjek peserta didik kelas III di SDN Mayangan 1 sebanyak 27 anak. Setelah peneliti melakukan penelitian mendapatkan hasil bahwa ada pengaruh setelah pembelajaran dilakukan secara berkelompok atau kolaborasi dengan menggunakan aplikasi ruang guru yang berupa video animasi tentang perubahan wujud benda. Dapat disimpulkan bahwa penggunakan aplikasi ruang guru yang berupa video animasi dalam pembelajaran wujud benda, peserta didik mampu berkontribusi, bekerjasama secara produktif, menunjukkan fleksibilitas, kompromi, tanggung jawab dan sikap saling menghargai.Downloads
Published
2023-01-20
How to Cite
Anjarwati, A. ., Silviana, I. ., Fauzia, A. ., Riasih, T. ., Yanuarni, . F. D. ., & Azizah, S. . (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Ipa Menggunakan Aplikasi Ruang Guru Pada Siswa Sdn Mayangan 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4938–4943. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11776
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ani Anjarwati, Ika Silviana, Alfina Fauzia, Tria Riasih, Febriana Dwi Yanuarni, Sofiatul Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).