Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VIII MTS N 6 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13895Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VIII MTsN 6 Agam yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru, kurangnya motivasi siswa selama proses pembelajaran, model pembelajaran yang kurang bervariasi serta hasil belajar siswa masih rendah berada di bawah KKM yaitu yaitu 76. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN 6 Agam tahun pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana motivasi siswa dalam belajar matematika melalui strategi pembelajaran the power of two dan apakah hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran the power of two lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui strategi pembelajaran the power of two dan mengetahui hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran the power of two lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 6 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Agam. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data motivasi siswa yang telah dianalisis menggunakan rumus persentase diperoleh rata-rata 70% dengan kriteria tinggi. Data hasil belajar matematika siswa diolah menggunakan uji-t, setelah dianalisis diperoleh thitung = 3,29 dan ttabel = 1,67 , dengan diperoleh thitung > ttabel pada taraf nyata ? = 0,05 berarti H0 ditolak, serta menggunakan software SPSS diperoleh nilai Signifikannya 0,002 yang artinya nilai Sig. < ? dengan ? = 0,05 . Dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1, artinya hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran the power of two lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 6 Agam tahun pelajaran 2021/2022. Motivasi, Hasil Belajar dan Strategi Pembelajaran The Power of TwoDownloads
Published
2023-04-11
How to Cite
safitri, wahyuni, Rusdi, R., Rahmat, T. ., & Aniswita, A. (2023). Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Di Kelas VIII MTS N 6 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4057–4066. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13895
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 wahyuni safitri, Rusdi Rusdi, Tasnim Rahmat, Aniswita Aniswita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).