Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar T.A.2022/2023

Authors

  • Ninin Karlina Saragih Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ady Frenly Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sudirman T.P Lumbangaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9145

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inquiry dan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil observasi awal, masalah yang dihadapi saat ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA yang berjumlah 5 kelas, dimana setiap kelas terdiri dari 36 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah tekhnik purposive sampling dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran Inquiry dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika pada materi Teori Kinetik Gas Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang berbentuk essay sebanyak 10 butir, sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal diuji cobakan. Hasil penelitian ini dilihat pada Uji hipotesis dan uji N-Gain, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian uji-t didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry sebesar 81,17 dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebesar 76,5. Dimana uji t nilai t_hitung  ? t_tabel atau 3.736 ? 1,994437. Uji N-Gain dikelas eksperimen adalah 0.72 atau sebesar 72% dalam katerogi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Saragih, N. K. ., Simanullang, A. F. ., & Lumbangaol, S. T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar T.A.2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5477–5488. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9145

Most read articles by the same author(s)