Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar T.A.2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9145Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Inquiry dan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil observasi awal, masalah yang dihadapi saat ini adalah masih rendahnya hasil belajar kognitif fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA yang berjumlah 5 kelas, dimana setiap kelas terdiri dari 36 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah tekhnik purposive sampling dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran Inquiry dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika pada materi Teori Kinetik Gas Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal yang berbentuk essay sebanyak 10 butir, sebelum tes diberikan terlebih dahulu soal diuji cobakan. Hasil penelitian ini dilihat pada Uji hipotesis dan uji N-Gain, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian uji-t didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry sebesar 81,17 dan kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional sebesar 76,5. Dimana uji t nilai t_hitung ? t_tabel atau 3.736 ? 1,994437. Uji N-Gain dikelas eksperimen adalah 0.72 atau sebesar 72% dalam katerogi tinggi. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Saragih, N. K. ., Simanullang, A. F. ., & Lumbangaol, S. T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar T.A.2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5477–5488. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9145
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ninin Karlina Saragih, Ady Frenly Simanullang, Sudirman T.P Lumbangaol
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).