Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar

Authors

  • Marlina Paska Anisa Bela Hutabalian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ady Frenly Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Fine Eirene Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8832

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI PMIA 5 (kelas eksperimen) dan XI PMIA 3 (kelas kontrol) yang masing-masing kelas terdiri dari 36 orang siswa. Dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pengambilan secara acak (Cluster Random Sampling) yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif fisika siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal yang masing-masing butir soal diberikan nilai 10, sehingga skor perolehan maksimalnya bernilai 100, dan semua soal yang diberikan harus berkategori valid. Dari data hasil analisis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata gain siswa adalah 0,71 denagn kategori klasifikasi tinggi. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.A. 2022/2023 telah dilakukan tiap tahapan pembelajaran dengan baik. Sehingga diperoleh kesimpulan ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.A. 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Hutabalian, M. P. A. B. ., Simanullang, A. F. ., & Siahaan, F. E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3849–3862. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8832