Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8832Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI PMIA 5 (kelas eksperimen) dan XI PMIA 3 (kelas kontrol) yang masing-masing kelas terdiri dari 36 orang siswa. Dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pengambilan secara acak (Cluster Random Sampling) yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif fisika siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal yang masing-masing butir soal diberikan nilai 10, sehingga skor perolehan maksimalnya bernilai 100, dan semua soal yang diberikan harus berkategori valid. Dari data hasil analisis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata gain siswa adalah 0,71 denagn kategori klasifikasi tinggi. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.A. 2022/2023 telah dilakukan tiap tahapan pembelajaran dengan baik. Sehingga diperoleh kesimpulan ada Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar T.A. 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-15
How to Cite
Hutabalian, M. P. A. B. ., Simanullang, A. F. ., & Siahaan, F. E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 4 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3849–3862. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8832
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Marlina Paska Anisa Bela Hutabalian, Ady Frenly Simanullang, Fine Eirene Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).