Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8912Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar, dan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIA SMA Negeri 5 Pematang Siantar dan pengambilan sampel dilakukan dengan tenik Purposive Samlping serta sampel yang dibutuhkan sebanyak dua kelas yang masing- masing berjumlah 36 siswa yaitu kelas XI PMIA-3 dijadikan sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas XI PMIA-4 dijadikan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dalam bentuk essay untuk mengukur hasil belajar kognitif fisika siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh nilai rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 27,42% dan 84,08%, nilai rata-rata pretest-posttest kelas kontrol sebesar 17,50% dan 76,02% sehingga nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada teknik analisis data uji hipotesis “t” yaitu thitung 9,607 > ttabel 1,99444 sehingga H0 di tolak dan Ha di terima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Dan hasil keterlaksanaan pada model pembelajaran Problem Solving sebanyak tiga kali pertemuan memiliki nilai rata-rata 4,1 dengan kriteria sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 5 Pematang Sintar. Dan hasil keterlaksanaan model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa terlaksana baik.Downloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Purba, U. M. B. ., Sijabat, A. ., & Lumbangaol, S. T. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4149–4162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8912
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Uli Martina Benedicta Purba, Apriani Sijabat, Sudirman T.P Lumbangaol
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).