Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Yayasan Perguruan Keluarga T.A 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8518Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain True Experimental Design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian inidiambil menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument test pemahamn konsep fisika. Hasil penelitian setelah di uji hipotesisnya menggunakan uji t menunjukkan bahwa hasil thitung=2,733 dan ttabel=2,00172 dengan taraf signifikansi ?=0,05. Nilai thitung>ttabel yaitu 2,733>2,00172 . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa.Downloads
Published
2022-11-08
How to Cite
Situmorang, R. ., Simanullang, A. F. ., & Siahaan, F. E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Yayasan Perguruan Keluarga T.A 2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2143–2151. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8518
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rosita Situmorang, Ady Frenly Simanullang, Fine Eirene Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).