Penerapan Metode Outing Class Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Bela Dina Binjai T.A 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7078Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Bela Dina Kelurahan Rambung Dalam Binjai Selatan yang belum meningkat secara maksimal, hal ini dapat dilihat dari beberapa anak yang belum dapat mengingat sepenuhnya tentang tumbuhan dan hewan (warna, bentuk dan suara), selain itu ada anak yang tidak tertarik dalam mengamati lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan naturalis anak, penerapan metode outing class dan faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan outing class dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di RA Bela Dina. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di RA Bela Dina. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Kecerdasan naturalis anak usia dini di RA Bela Dina sudah meningkat dengan baik. (2) Penerapan metode outing class dalam meningkatkan kecerdasan anak sangat berpengaruh terhadap aspek perkembangan kecerdasan naturalis anak. (3) Faktor pendukung dan penghambat yaitu lingkungan sekitar RA yang menjadi tempat proses pembelajaran dilaksanakan dan sikap anak yang mengganggu temannya sehingga terjadi ketidak tertiban dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Mutiara, . R. ., Hasibuan, H. ., & Wahyuni, S. (2022). Penerapan Metode Outing Class Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Bela Dina Binjai T.A 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3077–3086. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7078
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ratu Mutiara, Humaidah Hasibuan, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).