Penerapan Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatka Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Sepakat Aceh Tenggara T.A 2021/2022

Authors

  • Sri Delima UIN Sumatera Utara, Medan.
  • Humaidah Hasibuan UIN Sumatera Utara, Medan.
  • Sri Wahyuni UIN Sumatera Utara, Medan.

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7077

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di TK Sepakat Kecamatan Semadam Aceh Tenggara belum sepenuhnya berkembang secara maksimal. Hal ini terlihat dari belum sepenuhnya anak mendengarkan dan menyimak cerita, membuat kalimat yang sederhana, serta mengungkapkan perasaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu: (1) kemampuan bahasa lisan anak di TK Sepakat, (2) Penerapan metode bermain show and tell dalam meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di Tk sepakat Aceh Tenggara. Penelitian ini dilaksanakan di TK Sepakat Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan anak didik di kelas yang berjumlah 19 anak. Hasil penelitian ini mengungkapkan dua tujuan temuan yaitu: Kemampuan bahasa lisan anak usia dini di TK Sepakat sudah berkembang baik. (2) Penerapan metode bermain show and tell dalam menigkatkan kemampuan bahasa sangat berpengaruh terhadap aspek perkembangan bahasa lisan anak.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Delima, . . S. ., Hasibuan, H. ., & Wahyuni, S. . (2022). Penerapan Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatka Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Sepakat Aceh Tenggara T.A 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3069–3076. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7077