Penerapan Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatka Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Sepakat Aceh Tenggara T.A 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7077Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan perkembangan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di TK Sepakat Kecamatan Semadam Aceh Tenggara belum sepenuhnya berkembang secara maksimal. Hal ini terlihat dari belum sepenuhnya anak mendengarkan dan menyimak cerita, membuat kalimat yang sederhana, serta mengungkapkan perasaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu: (1) kemampuan bahasa lisan anak di TK Sepakat, (2) Penerapan metode bermain show and tell dalam meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di Tk sepakat Aceh Tenggara. Penelitian ini dilaksanakan di TK Sepakat Kecamatan Semadam Kabupaten Aceh Tenggara, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan anak didik di kelas yang berjumlah 19 anak. Hasil penelitian ini mengungkapkan dua tujuan temuan yaitu: Kemampuan bahasa lisan anak usia dini di TK Sepakat sudah berkembang baik. (2) Penerapan metode bermain show and tell dalam menigkatkan kemampuan bahasa sangat berpengaruh terhadap aspek perkembangan bahasa lisan anak.Downloads
Published
2022-09-27
How to Cite
Delima, . . S. ., Hasibuan, H. ., & Wahyuni, S. . (2022). Penerapan Metode Bermain Show And Tell Dalam Meningkatka Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Sepakat Aceh Tenggara T.A 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3069–3076. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7077
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Delima, Humaidah Hasibuan, Sri Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).