Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11320Abstract
Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran sangat tergantung pada kederadaan kepala sekolah di lingkungan sekolah sedangkan keberadaan guru kurang memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar. Oleh sebab itu kepala sekolah sangat berperan dalam motivasi belajar siswa. Kehadiran kepala sekolah di tengah-tengah lingkungannya sangat didambakan sebagai motivasi ekstrinsik, baik bagi siswa maupun guru dan karyawan sebagai mitra kerja. Sebagai pemimpin, kepala sekolah harus menjadi pribadi yang motivatif. Dia mampu berperan sebagai motivator, yang menyemangati dan membesarkan hati guru, pegawai, siswa, dan wali murid agar bekerja dan mendukung tercapainya tujuan sekolah. Penelitian ini difokuskan pada peran kepala sekolah dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa orang siswa. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka yaitu meneliti penelitian terdahulu berupa jurnal, artikel ilmiah dan buku agar dapat meningkatkan kredibilitas/kepercayaan data. Kesimpulannya Peran kepala sekolah dalam peningkatan motivasi belajar siswa adalah Kepala sekolah melakukan kerjasama dengan orang tua siswa, melakukan kerja sama dengan guru, memberikan penghargaan sertamengadakan program-program menarik. Dampaknya siswa memiliki hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita-cita masa depan, termotivasi dengan penghargaan dalam belajar, termotivasi dengan kegiatan yang menarik dalam belajar, dan juga dengan lingkungan belajar yang kondusif.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Wahyuni, S. ., & Desriyandri, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2335–2341. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11320
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sri Wahyuni, Desriyandri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).