Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6605Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode picture and picture terhadap minat belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas V di SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat, dalam pengambilan sampel peneliti dilakukan dengan Sampling purposive untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test dan non test. Berdasarkan hasil analisis data yang dihitung maka dapat disimpulkan hasil uji t pada akhir pembelajaran (posttest) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh diperoleh thitung = 8,06 dengan taraf signifikansi 95 % (? = 0,05) diperoleh ttabel = 2,00 karena 8,06 > 2,00 (thitung > ttabel) maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel artinya metode picture and picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat.Downloads
Published
2022-09-06
How to Cite
Alia, F. ., Hartantri, S. D., & Haryati, S. . (2022). Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 324–334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6605
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitri Alia, Saktian Dwi Hartantri, Sri Haryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).