Analisis Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6523Abstract
Widia Kartika. Analisis Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SDN Pasirnangka Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Skripsi. Tangerang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa.Tujuan penelitian untuk mengetahui peran orang tua terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 2 di SDN Pasirnangka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan non tes. Non tes meliputi observasi,wawancara dan dokumentasi. Instrumen tes untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan. Instrument ini sudah diuji validitas dan reabilitas nya oleh dosen ahli. Hasil yang diperoleh pada tes kemampuan membaca permulaan adalah kurangnya perhatian dari orang tua siswa karena sibuk bekerja dan kurang nya pengetahuan tentang pentingnya peran orang tua dalam mendidik, memotivasi, memfasilitasi serta menjadi pembimbing dirumahnya.Downloads
Published
2022-08-31
How to Cite
Kartika, . . W. ., Nurhayati, S., & Haryati, S. (2022). Analisis Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6531–6535. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6523
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widia Kartika, Siti Nurhayati, Sri Haryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).