Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Peninggilan 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6604Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar Pkn siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eskperimental. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SDN Peninggilan 1, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 64 siswa yaitu kelas VA berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar sebagai data utama dengan didukung lembar soal (test). Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada akhir pembelajaran (posttest) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 3,11 dengan taraf signifikansi 95 % (? = 0,05) diperoleh ttabel = 1,998 karena 3,11 > 1,998 (thitung > ttabel) maka Ho ditolak. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada skala motivasi (angket) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 6,751 dengan taraf signifikansi 95 % (? = 0,05) diperoleh ttabel = 1,998 karena 6,751 > 1,998 (thitung > ttabel) maka Ho ditolak. Dengan demikian pada akhir pembelajaran terdapat perbedaan motivasi belajar PKn siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh dan meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas V.Downloads
Published
2022-09-06
How to Cite
Khofifaturrahmah, . . M. ., Haryati, S. ., & Hartantri, S. D. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Peninggilan 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 318–323. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6604
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mia Khofifaturrahmah, Sri Haryati, Saktian Dwi Hartantri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).