Analisis Model Pembelajaran Project Citizen pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6938Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis model pembelajaran project citizen pada mata pelajaran pkn materi kewajiban menjaga lingkungan siswa kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan Teknik Model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran project citizen pada mata pelajaran pkn kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang dikatagorikan cukup baik karena kegiatan pembelajaran sudah terlaksanakan dengan baik hal ini terlihat dari semangat dan keaktifan siswa mengikuti langkah-langkah membuat portofolio. Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran project citizen dikatakan cukup efektif karena membangkitkan keaktifan serta motivasi siswa dalam pembelajaran pkn sehingga menjadikan suasana belajar aktif, menyenangkan dan bernakna bagi siswa dan kesiapan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran sudah sangat baik, karena guru mempersiapkan silabus, RPP, evaluasi pembelajaran dan lainnya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang ditetapkan dan penilaian evaluasi pembelajaran pkn yang dilakukan wali kelas menggunakan penilaian portofolio dan penilaian sikap.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Yolawati, N. N., Hartantri, S. D., & Budiatman, . I. . (2022). Analisis Model Pembelajaran Project Citizen pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2241–2251. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6938
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Niken Nur Yolawati, Saktian Dwi Hartantri, Ino Budiatman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).