Analisis Model Pembelajaran Project Citizen pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang

Authors

  • Niken Nur Yolawati Unniversitas Muhamadiyah
  • Saktian Dwi Hartantri Unniversitas Muhamadiyah
  • Ino Budiatman Unniversitas Muhamadiyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis model pembelajaran project citizen pada mata pelajaran pkn materi kewajiban menjaga lingkungan siswa kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan Teknik Model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran project citizen pada mata pelajaran pkn kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang dikatagorikan cukup baik karena kegiatan pembelajaran sudah terlaksanakan dengan baik hal ini terlihat dari semangat dan keaktifan siswa mengikuti langkah-langkah membuat portofolio. Kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran project citizen dikatakan cukup efektif karena membangkitkan keaktifan serta motivasi siswa dalam pembelajaran pkn sehingga menjadikan suasana belajar aktif, menyenangkan dan bernakna bagi siswa dan kesiapan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran sudah sangat baik, karena guru mempersiapkan silabus, RPP, evaluasi pembelajaran dan lainnya agar tercapainya tujuan pembelajaran yang ditetapkan dan penilaian evaluasi pembelajaran pkn yang dilakukan wali kelas menggunakan penilaian portofolio dan penilaian sikap. 

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Yolawati, N. N., Hartantri, S. D., & Budiatman, . I. . (2022). Analisis Model Pembelajaran Project Citizen pada Mata Pelajaran PKn Materi Kewajiban Menjaga Lingkungan Siswa Kelas IV SDN Neglasari 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2241–2251. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6938