Pengembangan Alat Deteksi Fisik Pada Anak Usia 6 Tahun

Authors

  • Willa Laras Sekarsari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6151

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan, dari hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa perkembangan fisik motorik di nilai sama karena menggunakan suatu media pembelajaran dan dilihat dengan rentang umur, namun belum ada penelitian tentang deteksi dini perkembangan fisik motorik anak usia 6 tahun. Maka penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan instrumen yang sudah ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menghasilkan instrumen deteksi dini perkembangan fisik anak usia 6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, studi dokumentasi, angket dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Produk yang sudah dirancang kemudian divalidasi oleh para ahli. Rancangan produk yang dinyatakan layak oleh ahli di ujicobakan di untuk selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Produk yang telah melewati tahap seleksi di ujicoba kembali untuk mengetahui respons siswa terhadap produk. Peneliti juga melakukan uji respons dengan guru melalui wawancara. Hasil uji coba kedua dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa instrumen deteksi perkembangan fisik anak yang dikembangkan telah baik dan dapat menjadi solusi bagi guru dalam mendeteksi perkembangan fisik anak. Jadi produk akhir dalam penelitian ini yaitu instrumen deteksi dini perkembangan fisik anak usia 6 tahun.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Sekarsari, W. L., Muslihin, H. Y. ., & Lidinillah, D. A. M. . (2022). Pengembangan Alat Deteksi Fisik Pada Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4330–4333. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6151