Pengembangan Alat Deteksi Fisik Pada Anak Usia 6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6151Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan, dari hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa perkembangan fisik motorik di nilai sama karena menggunakan suatu media pembelajaran dan dilihat dengan rentang umur, namun belum ada penelitian tentang deteksi dini perkembangan fisik motorik anak usia 6 tahun. Maka penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan instrumen yang sudah ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menghasilkan instrumen deteksi dini perkembangan fisik anak usia 6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, studi dokumentasi, angket dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Produk yang sudah dirancang kemudian divalidasi oleh para ahli. Rancangan produk yang dinyatakan layak oleh ahli di ujicobakan di untuk selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Produk yang telah melewati tahap seleksi di ujicoba kembali untuk mengetahui respons siswa terhadap produk. Peneliti juga melakukan uji respons dengan guru melalui wawancara. Hasil uji coba kedua dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa instrumen deteksi perkembangan fisik anak yang dikembangkan telah baik dan dapat menjadi solusi bagi guru dalam mendeteksi perkembangan fisik anak. Jadi produk akhir dalam penelitian ini yaitu instrumen deteksi dini perkembangan fisik anak usia 6 tahun.Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Sekarsari, W. L., Muslihin, H. Y. ., & Lidinillah, D. A. M. . (2022). Pengembangan Alat Deteksi Fisik Pada Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4330–4333. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6151
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Willa Laras Sekarsari, Heri Yusuf Muslihin, Dindin Abdul Muiz Lidinillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).