Efektivitas Media Pembelajaran dalam Menstimulus Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Dinda Marhamah Lubis Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Rosarina Giiyartini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5971

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan media pembelajaran dalam menstimulus kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa yanglterdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dengan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini memperoleh nilai posttestlterendah yaitu 9; nilai tertinggi yaitu 12; nilai rata-rata sebesar 11; dan standar deviasi sebesar 1,054. Hasil uji wilcoxon memperoleh nilai signifikan 0,005 lebih kecil dari nilai 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan media pembelajaran dalam menstimulus motorik halus anak usia 4-5 tahun.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Lubis, D. M., Muslihin, H. Y. ., & Giiyartini, R. . (2022). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Menstimulus Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3002–3011. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5971