Efektivitas Media Pembelajaran dalam Menstimulus Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5971Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan penerapan media pembelajaran dalam menstimulus kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre eksperimen. Sampel pada penelitian ini sebanyak 10 siswa yanglterdiri dari 3 laki-laki dan 7 perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif dengan analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini memperoleh nilai posttestlterendah yaitu 9; nilai tertinggi yaitu 12; nilai rata-rata sebesar 11; dan standar deviasi sebesar 1,054. Hasil uji wilcoxon memperoleh nilai signifikan 0,005 lebih kecil dari nilai 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan media pembelajaran dalam menstimulus motorik halus anak usia 4-5 tahun.Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Lubis, D. M., Muslihin, H. Y. ., & Giiyartini, R. . (2022). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Menstimulus Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3002–3011. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5971
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dinda Marhamah Lubis, Heri Yusuf Muslihin, Rosarina Giiyartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).